sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Selasa, 01 Agst 2023 06:10 WIB

Windows 10 dan 11 timbulkan masalah update

Sejumlah besar pengguna Windows 11 dan Windows 10 menghadapi masalah tak terduga dengan opsi "Update & Shut Down".

Windows 10 dan 11 timbulkan masalah update

Sebuah fitur umum dan sering diabaikan pada Windows sedang menyebabkan perbincangan karena sejumlah besar pengguna Windows 11 dan Windows 10 menghadapi masalah tak terduga dengan opsi "Update & Shut Down". Alih-alih mematikan sistem setelah menerapkan update, sistem operasi itu melakukan reboot dan kembali ke login screen, menyebabkan kebingungan dan frustasi di antara pengguna yang terpengaruh.

Laporan tentang masalah itu telah muncul di berbagai platform, termasuk Reddit dan Feedback Hub, yang menunjukkan bahwa masalahnya tidak hanya terjadi pada beberapa orang. Ketidakkonsistenan ini tidak nyaman, terutama bagi mereka yang mencoba memutuskan sambungan perangkat atau menghemat daya dalam semalam. Harapan bahwa "Update dan Shutdown" harus mengarah pada shutdown total adalah logis, tetapi perilaku saat ini meninggalkan sistem di login screen.

Dilansir dari Gizmochina (1/8), seorang mantan pengembang Microsoft memberikan informasi tentang alasan potensial di balik masalah tersebut. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah fitur Fast Startup, yang dimaksudkan untuk mempercepat waktu booting. Selama proses shutdown, Fast Startup menyimpan data sistem ke file, secara tidak sengaja memicu restart selama penginstalan update alih-alih shutdown sepenuhnya.

Selain itu, jika sistem belum di-update untuk sementara waktu atau update sebelumnya tidak lengkap, Windows 10 atau 11 mungkin memerlukan restart untuk menyelesaikan penginstalan. Akibatnya, memilih "Update dan Shut Down" mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan, malah mengarah ke reboot.

Masalah ini tidak hanya ada di Windows 11 dan 10, karena pengguna juga melaporkan mengalaminya di Windows 7 dan 8. Meskipun tidak ada konfirmasi resmi dari Microsoft mengenai perbaikan di masa mendatang, perbaikan dalam command diharapkan dapat mengurangi masalah seputar fitur tersebut.

Share
×
tekid
back to top