sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Selasa, 06 Apr 2021 11:18 WIB

WhatsApp uji fitur transfer chat dari iOS ke Android

Pengguna WhatsApp ke depannya dapat melakukan migrasi riwayat obrolan dari aplikasi iOS ke Android, atau sebaliknya.

WhatsApp uji fitur transfer chat dari iOS ke Android
Source: Pexels

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang digunakan hampir seluruh pengguna smartphone, baik Android maupun iOS. Dengan berkembangnya smartphone, aplikasi ini juga memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan migrasi dari satu perangkat ke perangkat lain, tanpa kehilangan isi pesan ataupun kontak. Laporan terbaru menyebuttkan migrasi nantinya juga dapat dilakukan dari aplikasi versi iOS ke Android.

Selama ini, perpindahan WhatsApp tidak berlaku dari Android ke iOS atau sebaliknya. WhatsApp iOS menyimpan cadangan riwayat obrolan ke iCloud, sedangkan Android menggunakan Google Drive. Sehingga, diperlukan perangkat lunak pihak tiga berbayar untuk memungkinkan migrasi.

Kabar baiknya, perusahaan tampaknya sedang menguji kemampuan untuk mentransfer data WhatsApp di iOS ke Android. Menurut laporan dari WABetaInfo, kemampuan tersebut memungkinkan pengguna memindahkan riwayat obrolan di seluruh perangkat. 

Hal ini juga sejalan dengan laporan sebelumnya yang menyebut kalau WhatsApp sedang mencari cara untuk memungkinkan aplikasi berjalan di beberapa perangkat. Dengan demikian, pengembang perlu memindahkan dan menyinkronkan riwayat obrolan di seluruh perangkat dan platform

Seperti yang terlihat pada gambar tangkapan layar di atas, transfer juga tampaknya bisa dilakukan sebaliknya, dari Android ke iOS. Namun laporan itu tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana kemampuan ini akan berjalan.

Di samping itu, menurut WABetaInfo, pengembangan fitur di mana WhatsApp dapat dibuka di beberapa perangkat secara bersamaan akan memakan waktu lama. Hal ini karena pengalaman pengguna di WhatsApp akan berubah secara keseluruhan. Banyak yang harus ditulis ulang, agar membuat aplikasi kompatibel dengan multi perangkat.

Share
×
tekid
back to top