sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
Selasa, 22 Sep 2020 13:16 WIB

WhatsApp uji coba pesan media yang bisa hilang sendiri

Melalui update terbaru, WhatsApp diketahui sedang menguji coba pesan media yang dapat hilang sendiri begitu penerima pesan keluar dari chat room.

WhatsApp uji coba pesan media yang bisa hilang sendiri

WhatsApp dilaporkan baru saja merilis update versi 2.20.201.1 beta untuk Android. Versi terbaru ini diketahui sudah berisi fitur baru yakni media yang bisa kadaluarsa. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengirim media, seperti gambar, video atau GIF, untuk jangka waktu terbatas. Pesan media itu akan menghilang jika penerima keluar dari chat room

Nantinya pengguna dapat mengirimkan pesan terbatas itu dengan mengakses tombol berbentuk penanda waktu di samping ikon lampiran media. Ikon ini akan berubah menjadi hijau ketika ditekan untuk memberitahu pengguna bahwa fitur ini sudah aktif. 

Untuk diketahui, WhatsApp sebelumnya sudah menguji coba fitur yang serupa dengan ini, namun terbatas pada pesan saja. Fitur itu sendiri pertama kali diketahui pada Maret tahun ini. WhatsApp kemudian kembali menghadirkan fitur ini di update versi 2.20.197.4 beta pada Juli. Fitur ini masih terbatas untuk pengguna WhatsApp beta saja. 

Sumber: WA Beta Info

Dilansir dari XDA Developers (22/9), tidak seperti pesan kadaluarsa, media yang dikirimkan dengan fitur ini akan sepenuhnya menghilang ketika penerima keluar dari chat room dengan pengirimnya. Jika pesan kadaluarsa berisikan pemberitahuan mengenai itu, media yang kadaluarsa tidak akan meninggalkan jejak sama sekali. Media ini tampaknya juga tidak akan dapat disimpan oleh penerima. 

Sejauh ini, belum ada keterangan apakah WhatsApp akan menghadirkan fitur yang mencegah penerima menyimpan media kadaluarsa itu dalam bentuk tangkapan layar, atau kebijakan lain terkait hal ini. Fitur ini sendiri masih dalam tahap pengembangan. Artinya, WhatsApp masih memiliki cukup banyak waktu dan ruang untuk memberikan opsi tambahan pada fitur ini. 
 

Share
×
tekid
back to top