WhatsApp punya 1,5 miliar pengguna bulanan

Facebook tidak rugi mengakusisi WhatsApp yang kini tinggal dikeruk keuntungannya

Pada laporan keuangan Q4 Facebook yang diumumkan Kamis (2/1), Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa WhatsApp kini memiliki jumlah pengguna bulanan 1,5 miliar. Lebih dari 60 miliar pesan terkirim lewat WhatsApp tiap harinya.


BACA JUGA

Begini cara menggunakan FaceApp

Ribuan aplikasi Android akses lokasi pengguna tanpa izin

Developer aplikasi iOS raup pendapatan lebih besar dari Android


Pertumbuhan ini cukup signifikan mengingat Juli 2017, WhatsApp memiliki jumlah pengguna bulanan sebesar 1,3 miliar. Jumlah ini membayar gelontoran dana USD19 miliar Facebook untuk mengakuisisi WhatsApp 2014 silam. 

Pada 2014, WhatsApp hanya memiliki jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 450 juta. Sementara jumlah pengguna aktif hariannya sebanyak 315 juta waktu itu.

Harga yang digelontorkan Facebook jadi masuk akal saat ini, karena selain menjadi aplikasi perpesanan, WhatsApp Stories menjadi konten tertinggi kedua setelah Instagram. Baik Instagram dan WhatsApp kini memiliki pengguna Stories harian sebanyak 300 juta pengguna.

Angka tersebut hampir dua kali lipat pengguna harian Stories di Snapchat yang hanya memiliki 178 juta pengguna.

Aplikasi perpesanan sendiri merupakan aplikasi penting di ekosistem mobile. Bila Facebook tidak mengakuisisi WhatsApp, bisa jadi Google yang akan melakukannya.

Kini Facebook makin serius melakukan monetisasi WhatsApp. Baru-baru ini mereka meluncurkan aplikasi WhatsApp Business di Indonesia. Lewat aplikasi baru ini, Facebook mencoba menambah pundi-pundi keuntungannya. Dengan jumlah pengguna aktif sebesar itu, sudah waktunya WhatsApp mengeruk untung.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: