WhatsApp bakal makin aman dengan sidik jari

WhatApp bakal menghadirkan fitur keamanan baru bagi pengguna Android. Dalam beberapa bulan mendatang, aplikasi ini bisa dikunci menggunakan sidik jari.

WhatsApp bakal makin aman dengan sidik jari Source: Google

WhatsApp kabarnya akan dibekali dengan fitur otentikasi baru yang mengandalkan sidik jari penggunanya. Nantinya pengguna Android dapat mengunci aplikasi ini menggunakan sidik jari atau PIN yang sama yang digunakan untuk mengunci layar ponsel.

Dilansir dari WABetaInfo (10/1), fitur ini akan tersedia dalam update terbaru WhatsApp versi 2.19.3. Perlu diperhatikan, WABetaInfo menekankan bahwa update ini baru tersedia bagi pengguna yang mengikuti program beta saja. Itu pun belum tentu tersedia pada semua perangkat. Pasalnya fitur ini masih dalam tahap pengembangan.


BACA JUGA

WhatsApp akan tayangkan iklan di fitur status

Kirim foto dan video di WhatsApp hingga Instagram dibatasi

Bos Telegram tanggapi spyware yang dialami WhatsApp


Fitur ini dapat ditemui di menu settings >> account >> privacy. Nantinya di bawah read receipts, akan ada menu otentikasi menggunakan sidik jari. Dengan mengetuk kotak di sebelahnya, fitur ini akan aktif dengan tanda check list.

Fitur ini sebelumnya sudah digadang-gadang akan hadir dalam perangkat iOS. Namun rupanya hingga sekarang fitur ini belum juga hadir di platform iOS. Di iOS, selain menggunakan sidik jari, WhatsApp bakal bisa dibuka dengan menggunakan Face ID. Sementara itu, belum ada kepastian apakah versi Android juga akan dapat dibuka menggunakan Face Unlock.

Perlu diperhatikan, fitur ini akan mengunci aplikasi WhatsApp, bukan chat tertentu yang ada dalam aplikasi tersebut. Fitur ini sendiri diperkirakan baru akan rilis secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: