sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 24 Jun 2021 10:22 WIB

Terkait penurunan performa, WD siapkan update firmware untuk WD Black SN850

Untuk mengatasi masalah yang terjadi di platform AMD X570, WD segera siapkan pembaruan firmware untuk WD Black SN850.

Terkait penurunan performa, WD siapkan update firmware untuk WD Black SN850

Western Digital pada akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait dengan menurun drastisnya kecepatan SSD WD Black SN850 mereka di motherboard AMD X570. Mereka mengatakan akan segera memperbaiki bug ini melalui pembaruan software.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu beredar berita dimana terdapat penurunan kecepatan yang cukup drastis di salah satu SSD milik WD, yakni WD Black SN850 saat digunakan pada motherboard dengan chipset X570. Bahkan, penurunan performanya sangat signifikan.

Disebutkan bahwa WD Black SN850 mengalami penurunan performa hingga 40% saat menggunakan slot M.2 yang terhubung ke chipset X570, bukan langsung ke prosesor. Padahal, seharusnya perbedaannya tidak lebih dari 10%.

Pihak WD pun mengatakan bahwa hal ini terjadi khususnya saat Max Payload Size (MPS) diatur ke 128 bit. Untuk mengatasi masalah ini, Western Digital akan melakukan pembaharuan
firmware untuk menyesuaikan dengan pengaturan MPS.

Untuk sementara ini, pihak WD mengatakan bahwa pengguna diminta untuk tidak menggunakan slot yang terhubung ke chipset X570, namun dapat menggunakan slot yang terhubung langsung ke prosesor.

Pengguna juga disarankan untuk melakukan update BIOS dan driver terbaru di komputer mereka. Pembaruan firmware untuk WD Black SN850 disebut akan segera dirilis paling lambat 12 Juli mendatang.

Pengguna WD Black SN850 nantinya dapat mengakses/mengunduh firmware terbaru melalui Dashboard Western Digital. Setelah firmware baru tersedia, pengguna yang membuka Dashboard akan secara otomatis diminta untuk melakukan pembaruan.

Share
×
tekid
back to top