VW uji coba mobil otonom di Hamburg

Mobil-mobil otonom tersebut akan dilengkapi dengan sensor, termasuk 14 kamera, 11 pemindai laser dan tujuh radar, belum lagi komputasi yang cukup untuk menyaingi performa 15 laptop.

VW uji  coba mobil otonom di Hamburg Source: Volkswagen via Engadget

Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW), tengah berkonsentrasi pada kendaraan yang dapat berkendara sendiri atau otonom. Dilansir dari Engadget (3/4), mereka tengah menguji versi sistem otonom dari e-Golf di Hamburg. Untuk pertama kalinya kendaraan otonom berseliweran di kota besar Jerman. Mobil tersebut adalah kendaraan level 4 yang berjalan sepenuhnya otomatis.

Mobil-mobil otonom tersebut akan dilengkapi dengan sensor, termasuk 14 kamera, 11 pemindai laser dan tujuh radar, belum lagi komputasi yang cukup untuk menyaingi performa 15 laptop. VW mengatakan ini masih teknologi awal, tetapi sudah dapat dipastikan mobil dapat mendeteksi pejalan kaki atau pengendara ugal-ugalan.


BACA JUGA

Tesla Model S dan Model X kini punya daya tempuh lebih jauh

Taksi listrik Blue Bird buka peluang Tesla masuk Indonesia

Hanya satu di dunia, VW Bug berbaterai Tesla


Pengujian ini memungkinkan berbagai peluang besar. VW berencana untuk mengintegrasikan kendaraan otonom yang tidak hanya berpusat pada kebutuhan pelanggan. Hal ini menawarkan kegunaan dibidang lain, mulai dari layanan pesan antar hingga tipe mobil yang dapat dibeli oleh konsumer. VW idealnya akan mendukung otonomi sepenuhnya (level 5) sebelum benar-benar diaplikasikan di jalanan. Namun, untuk mencapai tahap itu, VW membutuhkan kerjasama lebih dari satu atau dua kota untuk menjalankan uji coba.

Berbicara mobil otonom, baru-baru ini Honda Motors dan Hino Motors bergabung dengan Softbank dan Toyota Motors untuk mengembangkan mobil otonom di Jepang. Berdasarkan hasil kesepakatan, Honda dan Hino akan berinvestasi masing-masing sekitar CNY250 juta (Rp528 miliar) dalam usaha patungan yang disebut Monet Technologies.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: