sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Rabu, 16 Des 2020 14:23 WIB

Vulcan siapkan dukungan Ray Tracing untuk AMD, NVIDIA, dan Intel

Dalam sebuah pernyataan resmi, Khronos Group mengatakan bahwa Vulcan RT akan mendukung semua GPU AMD, NVIDIA, dan Intel yang memiliki inti Ray Tracing di perangkat mereka.

Vulcan siapkan dukungan Ray Tracing untuk AMD, NVIDIA, dan Intel

AMD saat ini telah memiliki beberapa GPU yang sudah mendukung teknologi Ray Tracing. Hal ini dikarenakan jajaran Radeon RX 6000 series mereka yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu memiliki teknologi ray tracing yang tertanam secara hardware.

Memang saat ini masih sangat sedikit gim yang mendukung ray tracing untuk GPU AMD. Namun, Khronos Group telah secara resmi merinci bahwa Vulkan SDK, Tools, dan Drivernya sudah mendukung ray tracing untuk GPU AMD selain mendukung GPU NVIDIA.

Mereka mengatakan, Vulkan API saat ini sudah memiliki cabang hardware-agnostic resmi untuk dukungan ray tracing. Khronos merilis ekstensi terakhir pada November 2020 sehingga pengembang dapat mulai mengintegrasikan fungsionalitas bersama kerangka kerja rasterisasi lama Vulkan.

Dengan demikian, Vulkan Ray Tracing saat ini sudah menjadi solusi terbuka, lintas platform, dan lintas vendor pertama di industri untuk akselerasi ray tracing.

“Spesifikasi API Pengiriman hanyalah langkah pertama dalam membangun ekosistem pengembang untuk Vulkan Ray Tracing, kami sekarang memiliki alat dan sampel untuk benar-benar memungkinkan pengembang memanfaatkan kekuatan akselerasi pelacakan sinar lintas platform,” kata Daniel Koch, pengembang senior dari Khronos, seperti dikutip dari laman Wccftech (16/12).

“Salah satu permintaan utama dari komunitas pengembang adalah kemampuan untuk membawa kode DirectX 12 ray tracing (DXR) dengan mudah ke Vulkan. Kami telah mencapainya melalui pengiriman superset DXR yang dirancang dengan cermat, dan mengintegrasikan dukungan Vulkan Ray Tracing dalam kompiler HLSL sumber terbuka DXC. ”

Saat ini, Vulkan RT dapat digunakan menggunakan GPU inti Ray Tracing berdedikasi penuh, seperti NVIDIA RT Cores atau AMD Ray Accelerators, atau dapat mendukung rendering GPU compute RT. 

Mereka pun mengatakan, para pengguna sudah dapat menggunakan driver VGA terbaru, yakni AMD Radeon Adrenalin 20.11.3 dan driver NVIDIA yang ada pada kartu GeForce dan Quadro untuk Windows (560.82) dan Linux (460.27.03) untuk menjalankan Ray Tracing, jika gim tersebut juga sudah mendukung Vulcan RT.

Tak ketinggalan, mereka juga saat ini mengatakan bahwa saat ini sedang mengusahakan untuk memasukkan dukungan untuk GPU Intel Xe-HPG yang akan datang. Namun, untuk saat ini GPU milik Intel tersebut masih belum masuk listing GPU yang didukung oleh Vulcan RT.

Share
×
tekid
back to top