sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
Selasa, 11 Feb 2020 09:25 WIB

Analis : Virus Corona berdampak ke penjualan smartphone dunia

Para analis memprediksi penurunan paling besar akan terjadi di Tiongkok yakni sebesar 50%, sedangkan untuk global akan mengalami penurunan 12%.

Analis : Virus Corona berdampak ke penjualan smartphone dunia
Credit : Android Pit

Penyebaran virus Corona di Wuhan pada awal 2020 ini membuat banyak orang panik. Hal ini membuat roda perekonomian, bukan hanya di Tiongkok saja, namun merambat ke seluruh dunia.

Analis dari Canalys menyebutkan, mereka memprediksi pada kuartal pertama ini penjualan smartphone dunia akan menurun drastis. Mereka menyebut penjualan smartphone akan menurun sebanyak 50% di Tiongkok karena penutupan toko dan fasilitas manufaktur di seluruh negeri.

“Peluncuran produk yang direncanakan oleh vendor akan dibatalkan atau ditunda, mengingat acara publik yang besar tidak diizinkan di Tiongkok. Diperlukan waktu bagi vendor untuk mengubah roadmap peluncuran produk mereka di China, yang kemungkinan akan mengurangi pengiriman 5G," kata para analis Canalys, seperti dikutip dari laman Wccftech (11/2/2020).

Akibatnya, Canalys memperkirakan penjualan smartphone Tiongkok turun setengahnya di Q1 2020 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Demikian pula, IDC juga memperkirakan penurunan 30% untuk penjualan smartphone di Tiongkok.

"Penundaan pembukaan kembali pabrik dan waktu pengembalian tenaga kerja tidak hanya akan mempengaruhi pengiriman ke toko, tetapi juga akan mempengaruhi waktu peluncuran produk dalam jangka menengah dan panjang," kata analis IDC, Will Wong.

Sedangkan untuk imbas ke penjualan smartphone secara global, virus Corona diperkirakan akan mempengaruhi produksi ponsel pintar global untuk turun 12% pada kuartal pertama tahun 2020, ke level terendah dalam lima tahun dari 275 juta unit.

Produksi iPhone untuk kuartal ini diperkirakan menurun sebesar 10% menjadi 41 juta unit. Ini juga telah menurunkan estimasi untuk produksi Huawei sebesar 15% menjadi 42,5 juta unit.

Di sisi lain, Samsung Electronics dianggap sebagai produsen smartphone utama yang paling tidak terpengaruh karena fasilitas manufaktur utamanya berlokasi di Vietnam, bukan Tiongkok.

Namun demikian, IDC memperkirakan pengiriman Samsung menurun 3% ke angka 71,5 juta unit pada kuartal pertama 2020.

Share
×
img
×
tekid
back to top