sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 27 Okt 2021 13:20 WIB

Verizon dan Amazon kerjasama tawarkan internet satelit di pedesaan

Kedua perusahaan ini juga berharap untuk menawarkan akses internet terintegrasi untuk industri di seluruh dunia, termasuk peternakan pintar dan transportasi.

Verizon dan Amazon kerjasama tawarkan internet satelit di pedesaan

Satelit internet Amazon akan digunakan untuk memperluas jangkauan broadband pedesaan. Ini dikarenakan Verizon bekerja sama dengan Amazon untuk meningkatkan akses internet nirkabel tetap di daerah pedesaan Amerika Serikat, sebagaimana laporan dari CNBC. Aliansi ini awalnya akan berkonsentrasi pada perluasan layanan LTE dan 5G Verizon menggunakan Project Kuiper dari Amazon untuk “backhaul”, meningkatkan cakupan di area dengan sedikit atau tanpa data berkecepatan tinggi.

Amazon dan Verizon kemudian berharap untuk menawarkan akses internet terintegrasi untuk industri di seluruh dunia, termasuk peternakan pintar dan transportasi. Untuk saat ini, mereka sedang menetapkan persyaratan teknis untuk broadband pedesaan menggunakan teknologi antena Project Kuiper yang sudah dalam pengembangan.

Dilansir dari Engadget (27/10), kedua perusahaan itu tidak memberikan garis waktu untuk layanan tambahan satelit ini. Amazon baru-baru ini merencanakan peluncuran roket untuk Project Kuiper, tetapi diperkirakan tidak akan memiliki setengah dari satelitnya di orbit rendah Bumi hingga 2026. Konstelasi penuh diharapkan paling lambat Juli 2029.

Ada aspek persaingan dalam persaingan ini. Amazon dan Verizon berlomba untuk bersaing dengan layanan Starlink SpaceX yang berkembang pesat – keduanya berisiko kehilangan pelanggan jika Starlink mengklaim pijakan yang terlalu kuat, termasuk klien korporat seperti Google.

Kendati begitu, masyarakat AS mungkin tidak keberatan jika satelit membawa akses internet cepat ke lebih banyak bagian negara. Cakupan internet pedesaan masih jauh dari sempurna, bahkan dengan FCC menginvestasikan miliaran dolar dalam 5G – ini dapat mengisi kesenjangan tanpa harus menghubungkan sebanyak mungkin pedesaan seperti sebelumnya.

Share
×
tekid
back to top