USB4 bisa tangani dua layar 4K 60 fps sekaligus

Kabel ini dibuat berbasis Thunderbolt 3, yang baru saja dikontribusikan Intel ke grup USB dan tersedia untuk diimplementasi serta bebas royalti.

USB4 bisa tangani dua layar 4K 60 fps sekaligus

Intel dan USB-IF telah mengumumkan evolusi baru dalam hal kabel USB4. Terobosan ini diklaim bakal menggandakan performa bandwidth yang tersedia melalui USB 3.2 dengan kecepatan 40 Gbps. Dilansir dari GSM Arena (5/3), dengan throughput sebanyak itu, satu kabel mampu menangani banyak layar secara simultan dan transfer data. Salah satu kegunaan teknologi baru ini adalah menangani dua layar 4K pada 60 Hz.

Tetapi USB4 tidak sepenuhnya sebuah protokol baru. Kabel ini dibuat berbasis Thunderbolt 3, yang baru saja dikontribusikan Intel ke grup USB dan tersedia untuk implementasi bebas-royalti. USB4 sepenuhnya masih akan kompatibel dengan standar USB 2.0 dan 3.2.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Dua AIO baru Acer pakai prosesor Intel generasi ke-10

Gartner : Penjualan PC di kuartal ketiga 2019 membaik

Samsung selesaikan RAM dengan teknologi fabrikasi 10nm


Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa kamu memerlukan kabel bersertifikasi 40 Gbps untuk mencapai kecepatan maksimum. Selain itu hanya mendukung port USB-C ke kabel USB-C.

Thunderbolt sebagian besar telah digunakan oleh Apple sejauh ini (karena status kepemilikannya), tetapi Intel bekerja dengan Microsoft untuk memastikan dukungan bebas masalah pada Windows 10 dan juga tidak melupakan komputer Linux.

Sekarang lebih dari 50 perusahaan berpartisipasi dalam tahap akhir sertifikasi USB4, yang akan diterbitkan pada pertengahan tahun ini. Mempertimbangkan bahwa USB 3.2 diumumkan pada tahun 2017 dan masih belum melihat adopsi yang luas, USB4 mungkin perlu beberapa tahun lagi agar dapat segera dinikmati oleh konsumen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: