sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Jumat, 02 Sep 2022 11:30 WIB

USB 4 Versi 2.0 dukung kecepatan bandwidth hingga 80Gbps

USB Promotor Group memperbarui spesifikasi untuk konektor dan kabel berbasis USB tipe-C yang akan mendukung kecepatan bandwidth hingga 80Gbps.

USB 4 Versi 2.0 dukung kecepatan bandwidth hingga 80Gbps

USB Promotor Group mengumumkan spesifikasi USB 4 Versi 2.0, pembaruan signifikan yang akan memungkinkan kecepatan data hingga 80Gbps melalui kabel dan konektor USB tipe-C. Sebagai perbandingan, baik Thunderbolt 4 maupun USB4 Versi 1.0 hanya mendukung bandwidth maksimum 40Gbps dua arah.

Spesifikasi USB Type-C dan USB Power Delivery (USB PD) juga akan diperbarui untuk mengaktifkan tingkat kinerja data yang lebih tinggi ini. Pembaruan protokol juga sedang dilakukan untuk memungkinkan tunneling data USB 3.2, DisplayPort™, dan PCI Express® (PCIe®) berkinerja lebih tinggi sehingga dapat menggunakan bandwidth yang tersedia lebih tinggi dengan sebaik-baiknya.

“Sekali lagi mengikuti tradisi USB, spesifikasi USB4 yang diperbarui ini menggandakan kinerja data untuk menghadirkan tingkat fungsionalitas yang lebih tinggi ke ekosistem USB Type-C,” kata Brad Saunders, Ketua USB Promotor Group. “Solusi yang paling diuntungkan dari peningkatan kecepatan ini termasuk layar, penyimpanan, serta hub dan dok berbasis USB dengan kinerja lebih tinggi.”

Semua pembaruan spesifikasi ini diharapkan akan dipublikasikan sebelum rangkaian acara pengembang USB DevDays pada 15-16 November mendatang di Seattle dan Seoul, Korea Selatan.

USB Developer Days 2022 akan mencakup pelatihan teknis terperinci yang mencakup pembaruan terbaru untuk spesifikasi USB4, USB Type-C, dan USB PD. Pendaftaran untuk dua acara yang dijadwalkan, 1-2 November di Seattle, WA dan 15-16 November di Seoul, Korea Selatan, akan segera dibuka di situs web USB-IF (www.usb.org).

Dilaporkan oleh Business Wire (2/9), pembaruan saat ini secara khusus ditujukan untuk pengembang. Pedoman branding dan pemasaran akan diperbarui di masa mendatang untuk menyertakan USB 80 Gbps baik untuk mengidentifikasi produk bersertifikat maupun kabel bersertifikat.

Untuk diketahui, USB Promoter Group terdiri dari Apple Inc., Hewlett-Packard Inc., Intel Corporation, Microsoft Corporation, Renesas Electronics Corporation, STMicroelectronics, dan Texas Instruments. Grup ini mengembangkan rangkaian spesifikasi USB untuk memenuhi kebutuhan pasar akan peningkatan fungsionalitas dan kinerja solusi USB. 

Selain itu, USB Promoter Group juga mengembangkan spesifikasi tambahan (USB Power Delivery, USB Type-C®, dan lain-lain) untuk memperluas atau menyesuaikan spesifikasinya untuk mendukung lebih banyak jenis platform.

Share
×
tekid
back to top