USB 3.2 siap diluncurkan, lebih cepat dari generasi sebelumnya

Diketahui, kecepatan dari protokol USB 3.2 akan mencapai 20Gb/s atau dua kali lipat lebih cepat dibandingkan USB 3.1.

USB 3.2 siap diluncurkan, lebih cepat dari generasi sebelumnya USB-C (pixabay)

Para penggemar teknologi saat ini masih terkagum-kagum dengan kecepatan USB Type-C 3.1. Hal ini dikarenakan, data transfer yang dapat dihasilkan oleh perangkat tersebut bisa mencapai 10Gb/s. Kecepatan ini sebenarnya bisa dibilang cukup tinggi.

Belakangan ini, dikabarkan bahwa para peneliti sudah mempersiapkan generasi terbaru dari USB tersebut. Kabarnya, kecepatan transfer datanya pun akan lebih tinggi.

Adalah USB 3.2 yang merupakan protokol transfer data generasi selanjutnya. Standar ini diketahui sudah mendapatkan sertifikasi oleh lembaga pengesahan USB-IF. Mereka menyatakan, USB ini akan bisa dinikmati pada pertengahan 2019 ini.

Yang mengejutkan, kecepatan yang bisa dihandle oleh USB 3.2 mencapai 20Gb/s. Hal ini akan membawa banyak keunggulan, baik di lini workstation, server, hingga PC gaming. Produsen peripheral dapat menciptakan alat yang bisa mentransfer data dalam kecepatan tinggi.

Sebagai contoh, protokol ini akan memungkinkan sebuah alat seperti dock untuk laptop, SSD eksternal, dan perangkat lain yang membutuhkan bandwidth besar bisa berjalan secara optimal. Jadi, ini merupakan sebuah langkah yang cukup penting.

Hal ini dapat dicapai dengan menggabungkan dua koneksi USB 3.1 gen 2 secara bersamaan. Oleh karenanya, kecepatan transfer yang dimiliki USB 3.2 dua kali dari kecepatan transfer generasi sebelumnya.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui apakah USB 3.2 ini akan memiliki interface berupa Type-C atau tidak, seperti yang dilaporkan Engadget (28/2/2019)

Sekadar informasi, saat ini protokol transfer data tercepat masih dipegang oleh protokol Thunderbolt 3. Sama-sama menggunakan USB Type-C seperti USB 3.1, namun Thunderbolt dapat melakukan transfer data hingga di kecepatan 40Gb/s.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: