Update Google Maps bawa rekomendasi tempat bukber dan jalur mudik

Di bulan Ramadan ini Google Maps membantu pengguna untuk menemukan tempat buka bersama (bukber) di lokasi terdekat.

Update Google Maps bawa rekomendasi tempat bukber dan jalur mudik (Foto: Quartz)

Di bulan Ramadan ini Google Maps membantu pengguna untuk menemukan tempat buka bersama (bukber) di lokasi terdekat. Untuk menghadirkan fitur ini, Google bekerja sama dengan Qraved untuk merekomendasikan pengguna restoran atau tempat makan lainnya yang cocok dijadikan tempat bukber.

Secara khusus fitur ini tersedia di wilayah Jakarta. Namun, tak menutup kemungkinan fitur serupa juga akan hadir di wilayah lainnya di Indonesia. Cara mencari restoran terdekat untuk bukber di Google Maps, hampir sama seperti saat kita mencari restoran pada hari biasa.


BACA JUGA

Google kembali hapus 85 aplikasi mengganggu dari Play Store

Google ketahuan uji fitur baru untuk Duo

Google Assistant bisa kirim reminder ke orang lain


Dalam aplikasi Google Maps, pengguna akan menemukan tampilan di bawah peta, yang bisa digeser ke atas. Setelah digeser, pengguna akan melihat beberapa daftar restoran yang telah dikurator oleh Google bersama Qraved. Klik salah satu yang daftar yang cocok berdasarkan lokasinya, kemudian Google Maps akan menampilkan daftar restoran yang tersedia dan direkomendasikan untuk bukber.

Dari daftar tersebut, pengguna bisa melihat ulasan pengguna lain terkait restoran yang dipilih. Google Maps juga menyediakan informasi jam buka restoran hingga opsi reservasi. Dengan begitu, pengguna tak diharuskan membuka aplikasi lain untuk melakukan reservasi.

Kerjasama Google Maps dengan Qraved ini sejatinya telah berlangsung cukup lama. Saat ramadan usai, Qraved juga akan tetap tersedia di Maps dan memberikan rekomendasi restoran terdekat. Namun demikian, kemungkinan temanya akan berbeda dengan Ramadan.

Selain fitur itu, Google juga memperbarui Maps untuk membantu pengguna selama mudik jelang hari raya Idul Fitri. Bekerja sama dengan pemerintah, Google Maps menghadirkan fitur baru yang dilengkapi informasi rute terbaik, SPBU, rest area, posko mudik dan posko kesehatan. Informasi ini akan tersedia di Google Maps, mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: