sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Jumat, 22 Mei 2020 15:18 WIB

Upaya Kominfo dalam memasuki fase New Normal

Kementerian Kominfo pastikan kesiapan industri telekomunikasi dalam memasuki fase New Normal berkat adanya pandemi virus corona.

Upaya Kominfo dalam memasuki fase New Normal
Source: Youtube

Pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia telah melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan menjadi suatu kenormalan baru yang disebut fase New Normal. Kebiasaan baru ini merupakan peralihan aktivitas ke ranah digital. Disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, sektor industri telekomunikasi dan infrastruktur telekomunikasi merupakan dasar dari ekosistem New Normal ini.

Sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia, terjadi kenaikan trafik pada peralihan digital di berbagai industri sekitar 10-15%. Sementara sejak PSBB diterapkan, kenaikan trafik meningkat sebanyak 30-40%. Maka dari itu, untuk mengantisipasi lonjakan trafik ke depannya dan mempersiapkan negara dalam memasuki fase New Normal, Kominfo berupaya menjaga kinerja jaringan telekomunikasi agar terus dapat memberikan layanan yang baik.

Kominfo akan menambahkan kapasitas pada BTS dan menyiapkan mobile BTS. Berdasarkan data yang disampaikan operator melalui Kominfo (22/5), terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan pada kondisi Darurat Covid-19, dari keseluruhan BTS secara nasional yakni 479.125, yang 173.294 di antaranya merupakan BTS 4G, 188.849 BTS 3G, dan 116.982 BTS 2G.

Network Operation Ceter (NOC) juga kini beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, untuk memonitor jaringan telekomunikasi di sejumlah wilayah PSBB, seperti area pemukiman, jalan tol, puskemsas dan rumah sakit rujukan layanan Covid-19.

Selain itu, dalam mendukung kebijakan belajar dan bekerja di rumah di tengah bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri nanti, operator telekomunikasi telah menyiapkan program kegiatan dalam memberikan bantuan makanan dan logistik. Kominfo juga mengatakan akan menindaklanjuti daerah yang hasil pengukuran Quality of Service (QoS) tidak baik.

Share
back to top