Unik, smartphone kini bisa diasuransikan pakai Igloo

Sompo Indonesia bekerja sama dengan Axinan menyediakan asuransi digital perlindungan layar smartphone.

Unik, smartphone kini bisa diasuransikan pakai Igloo (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Kini pengguna bisa mengasuransikan smartphone mereka. Sompo Indonesia bekerja sama dengan Axinan menyediakan asuransi perlindungan layar smartphone. Produk asuransi ini didasarkan pada kebutuhan milenial yang kini bergantung pada perangkat mobile termasuk smartphone.

"Di Indonesia, 60% populasi orang dewasa menggunakan smartphone dengan rata-rata 71 aplikasi dipasang per perangkat smartphone, dan 34 aplikasi itu digunakan setiap bulannya. Ini menunjukkan bahwa penetrasi smartphone di Indonesia akan  terus tumbuh dan pada 2020 separuh dari populasi Indonesia diproyeksikan memiliki smartphone. Misi kami selaras dengan Sompo Indonesia untuk menyediakan paltform inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan potensi generasi milenial Indonesia," kata Wei Zhu, Founder dan CEO Axinan di Jakarta (27/6).


BACA JUGA

Pemerintah Inggris selidiki Tik Tok karena konten berbahaya

L-Flood, aplikasi peringatan banjir besutan developer Bojonegoro

Firefox bakal blok web tracker secara default


Produk asuransi ini bisa didapatkan melalui aplikasi Igloo. Konsepnya juga dirancang digital sepenuhnya, sehingga pengajuan klaim dan pembayaran bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Perusahaan mengklaim layanan ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna smartphone. Sompo Indonesia dan Axinan juga menyatakan asuransi perlindungan layar smartphone-nya mencakup 99% merk yang banyak digunakan pelanggan di seluruh dunia. Di antara merk smartphone yang bisa diasuransikan yakni Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lainnya.

Premi asuransi ini beragam, menyesuaikan model smartphone yang dipakai pengguna. Hal ini didasarkan pada jenis layar, baik ukurannya maupun materialnya. Premi perlindungan layar smartphone di Igloo dipatok mulai dari Rp60.000 untuk satu tahun. Pelanggan hanya bisa melakukan klaim satu kali untuk periode tersebut.

Peran Axinan disini adalah menyediakan teknologi yang nantinya akan mendiagnosa seberapa tingkat kerusakan layar ponsel pengguna. Pemindaian dilakukan dalam aplikasi yang didukung dengan teknologi Machine Learning. Melalui teknologi itu, aplikasi Igloo akan langsung mengenali model smartphone, tingkat kerusakan hingga premi yang harus dibayarkan pengguna. Untuk saat ini pengguna Igloo bisa melakukan pembayaran melalui Gopay dan bank transfer. 

Kerusakan yang bisa diklaim dalam asuransi ini juga hanya mencakup layar smartphone. Namun tak menutup kemungkinan ke depannya Sompo Indonesia dan Axinan merambah layanan Igloo untuk meng-cover asuransi komponen lainnya seperti bodi smartphone yang lain hingga baterai ponsel.

"Sekarang baru layar karena permulaan. Ke depan kita akan buatkan produk yang lebih komprehensif, termasuk bodi pecah, baterai pecah atau ponsel kecemplung air. Lebih ke proteksi bodi fisik," ujar Susanto Halim, GM Head of Product Management Departement Sompo Indonesia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: