sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Selasa, 13 Des 2022 12:30 WIB

Unduh gambar dari Instagram begini caranya

Instagram tidak menawarkan fitur atau alat untuk mengunduh foto yang ada di platform-nya. Untuk itu berikut Tek.id bagikan cara mengunduh gambar dari platform tersebut.

Unduh gambar dari Instagram begini caranya

Mengunduh foto dari Instagram ke komputer atau ponsel Anda tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mengunduh gambar Instagram, Anda tidak bisa hanya mengklik kanan dan menyimpannya seperti yang biasa dilakukan di banyak situs web, bahkan jika membuka Instagram melalui browser.

Instagram tidak menawarkan fitur atau alat untuk mengunduh foto yang ada di platform-nya untuk mencegah orang menyalahgunakan foto orang lain. Namun di sisi lain, kita sebagai pengguna mungkin ada kalanya membutuhkan foto milik sendiri yang pernah diunggah.

Untuk itu, berikut ini Tek.id bagikan cara mengunduh foto Instagram ke PC, Mac, atau ponsel dengan cara yang berbeda. 

Cara mengunduh foto Instagram dengan tautan

Tidak ada metode asli untuk mengunduh foto Instagram dari akun Anda satu per satu. Satu-satunya opsi yang dimiliki Instagram adalah mengunduh seluruh riwayat akun dalam satu paket besar. 

Itu termasuk semua foto dan video yang Anda unggah sebagai postingan feed atau Stories serta banyak hal lain yang mungkin tidak Anda inginkan, seperti detail komentar dan likes.

Pertama-tama, buka akun Instagram Anda di browser lalu klik ikon Pengaturan di sebelah kanan yang bertuliskan Edit Profil. Pilih Privasi dan Keamanan pada daftar opsi.

Di halaman Privasi Akun, gulir ke bawah hingga menemukan menu "Data Download" lalu klik "Request Download". Masukkan alamat email dan kata sandi karena Instagram akan mengirimkan paket unduhan dalam bentuk tautan ke email. 

Platform mengatakan ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tetapi email cenderung masuk dalam satu atau dua jam. Tautan hanya berlaku selama empat hari, jadi pantau terus atau Anda harus memulai dari awal lagi.

Setelah email diterima, klik 'Unduh Data'. Anda akan dibawa ke situs Instagram untuk masuk dan mulai mengunduh. Paket datang dalam bentuk file zip yang berisi setiap unggahan yang pernah Anda buat serta detail setiap pesan dan semua yang Anda cari, sukai, atau komentari.

Source: Creativebloq

Bergantung pada berapa lama Anda memiliki akun Instagram dan seberapa banyak Anda menggunakannya, ini bisa berarti banyak sekali data, jadi ekstrak file ke folder baru sendiri untuk menyimpan banyak subfolder dan file di satu tempat.

Anda juga dapat meminta paket unduhan yang cukup besar ini melalui aplikasi. Buka profil Anda, ketuk ikon menu di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan > Keamanan > Unduh Data. Masukkan email dan kata sandi Anda, lalu ketuk 'Request Download'.

Cara mengunduh foto Instagram satu per satu dengan source code

Jika Anda tidak ingin repot menyimpan seluruh riwayat Instagram hanya untuk menemukan satu foto tertentu yang ingin diunduh, atau memerlukan gambar dari Instagram orang lain setelah mendapat izin untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduh foto Instagram satu per satu dengan beralih ke kode sumber (source code).

Tapi, ini tergantung browser yang digunakan. Di Internet Explorer, Anda dapat mengeklik foto yang ingin diunduh untuk melihat gambar selengkapnya, lalu klik kanan pada gambar dan pilih 'View Source'.

Telusuri kode dan temukan informasi properti meta (tekan control+f atau command+f dan cari 'properti meta'). Lalu, salin URL yang muncul dengan koma terbalik ganda di baris awal: '

×
tekid
back to top