UL Benchmark segera hadirkan benchmark Ray tracing awal 2019

Benchmark bernama 3DMark Port Royal ini baru akan bisa digunakan oleh para pengguna pada 8 Januari mendatang.

UL Benchmark segera hadirkan benchmark Ray tracing awal 2019 3DMark Port Royal (UL Benchmark)

Penjualan kartu grafis generasi terbaru dari Nvidia, yakni seri RTX sudah mulai mendapatkan traksi yang baik. Musti diakui, kemampuan GPU seri terbaru ini memang lebih besar. Tapi, belum ada cara untuk mengukur kemampuan ray tracing yang hadir dalam GPU tersebut.

Untungnya, UL Benchmark pengembang software benchmark 3DMark, sudah mempersiapkan benchmark yang bisa mengukur kemampuan ray tracing tersebut. Benchmark tersebut bernama 3DMark Port Royal.


BACA JUGA

Tanggapan CEO Nvidia terkait Radeon VII

AMD perkenalkan Radeon VII, GPU pertama dengan fabrikasi 7nm

NVIDIA bawa seri RTX ke ranah laptop gaming


Tapi, jangan berharap untuk mengetes kartu grafis kalian dalam waktu dekat ini. Hal ini karena benchmark tersebut baru akan diluncurkan pada 8 Januari mendatang. Meski demikian, beberapa overclocker kelas dunia beruntung dapat mencicipinya duluan.

Dalam keterangan yang didapat tek.id (13/12), pada saat itu, Tobias "Rauf" Bergström dari Swedia menempati tempat pertama dengan skor 3DMark Port Royal dengan skor 11.069 poin. Dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti yang telah di-overclock, berpadu dengan prosesor Intel Core i9-9900K, Tobias mencapai rata-rata 51 frame per detik dalam tuntutan pengujian Port Royal Graphics.

Diketahui, benchmark ini akan melakukan proses ray tracing real-time, yang menjanjikan menghadirkan tingkat realisme baru ke dalam grafik dalam game. Port Royal menggunakan DirectX Ray tracing untuk meningkatkan refleksi, bayangan, dan efek lain yang sulit dicapai dengan teknik rendering tradisional.
 
3DMark Port Royal juga merupakan contoh realistis dan praktis dari apa yang diharapkan dari ray tracing di game yang akan datang, dengan resolusi minimal di 2560 × 1440 pixel.
 
Pengembangan benchmark ini pun dilakukan dengan masukan dari AMD, Intel, Nvidia, dan perusahaan teknologi terkemuka lainnya. Mereka bekerja secara khusus dengan Microsoft untuk membuat implementasi kelas pertama dari DirectX Raytracing API.
 
Port Royal akan berjalan pada kartu grafis apa saja dengan driver yang mendukung DirectX Ray tracing. Untuk saat ini, hanya beberapa kartu saja yang mendukung teknologi ini. Namun pada 2019 mendatang, akan semakin banyak GPU yang mendukung teknologi ini.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana tampilan dari benchmark tersebut. Anda bisa melihat videonya di bawah ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: