Twitter akui ada bug yang kumpulkan lokasi penggunanya

Pihak Twitter mengaku telah menutup bug tersebut dan menghapus data yang sudah dikumpulkan oleh bug tersebut.

Twitter akui ada bug yang kumpulkan lokasi penggunanya Twitter (Pixabay)

Saat ini semakin banyak aplikasi yang meminta izin untuk mengetahui lokasi para penggunanya. Para pengembang beralasan, dengan mengakses lokasi dari pengguna, mereka dapat memberikan hasil pencarian atau dapat memberi lokasi kepada orang lain dengan akurat.

Salah satunya adalah Twitter. Mereka meminta izin akses lokasi pengguna untuk memberikan layanan yang lebih baik.


BACA JUGA

Kemkominfo akhirnya buka fitur foto dan video di medsos

5 fitur baru Facebook hingga Instagram di F8

Mei nanti iklan Facebook bakal bikin tambah pusing


Tapi, harus diketahui, akses lokasi merupakan salah satu hal yang privat dan perusahaan tidak boleh menyimpan histori akses penggunanya. Hal ini dikarenakan data lokasi dapat disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Baru-baru ini, diketahui bahwa Twitter ketahuan memiliki bug yang ternyata dapat mengumpulkan data lokasi penggunanya. Hal ini terjadi bagi para pengguna yang menggunakan perangkat iOS.

Ubergizmo (14/5/2019) melaporkan, hal ini terjadi dengan salah satu ‘mitra terpercaya’ Twitter. Sayang, hingga saat ini mereka tidak mau menyebut perusahaan mana yang memiliki bug tersebut.

Salah satu perusahaan media sosial terbesar tersebut mengaku telah memperbaiki bug tersebut. Mereka juga mengaku telah melakukan penyusutan data yang telah dikumpulkan oleh bug tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa data tersebut tidak disalahgunakan.

“Kami telah memperbaiki masalah ini dan bekerja keras untuk memastikan kejadian ini tidak terjadi lagi. Kami juga telah berkomunikasi dengan orang-orang yang akunnya terkena dampak untuk memberitahu mereka bahwa bug telah diperbaiki,” kata perwakilan Twitter.

“Kami mengundang Anda untuk memeriksa pengaturan privasi Anda untuk memastikan Anda hanya berbagi data yang Anda inginkan dengan kami," sambung mereka.

Sayang, saat ini tidak jelas apakah pengumuman ini akan cukup untuk menenangkan pengguna mereka. Tetapi seperti yang telah diketahui, privasi lokasi merupakan sebuah subjek yang sangat sensitif bagi pengguna.

Oleh karenanya, untuk meminimalisir kejadian ini terjadi di perangkat Anda, Anda bisa menonaktifkan pengaturan izin lokasi di aplikasi Twitter jika memang Anda benar-benar tidak terlalu menggunakan fitur tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: