sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Senin, 01 Feb 2021 14:44 WIB

TV Mini LED pertama Philips punya soundbar Bower & Wilkins

Ada juga HDR10+ Adaptive yang menggabungkan informasi cahaya sekitar dengan metadata HDR10+ unntuk mengoptimalkan kecerahan layar berdasarkan adegan konten.

TV Mini LED pertama Philips punya soundbar Bower & Wilkins
Source: What Hifi

Pasar TV dengan penerangan Mini LED sudah semakin ramai. Dengan demikian, pabrikan elektonik terkenal asal Belanda, Philips, juga tidak mau tertinggal dengan meluncurkan TV berteknologi Mini LED pertama mereka lewat seri 9000.

TV Philips seri 9000 terdiri dari dua lini berbeda, pertama adalah 9639, di mana setiap TV Mini LED Mini dilengkapi dengan soundbar Bower & Wilkins terintegrasi, dan lini kedua adalah 9506 yang hadir dengan speaker konvensional.

Dilansir dari What Hifi (2/1), baik lini 9639 dan 9506 hadir dengan dua ukuran layar yakni 65 inci dan 75 inci. Seluruh ukuran diperkuat dengan chipset khusus TV terbaru dari Philips, prosesor P5 generasi kelima. Kedua lini tersebut juga menampilkan teknologi Ambilight empat sisi.

TV terbaru ini diklaim menawarkan kualitas gambar yang mendekati performa TV OLED Philips, tetapi tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Panel yang digunakannya adalah tipe Vertical Alignment (VA) yang didukung oleh Mini LED dengan jumlah 1.000 zona peredupan. Kecerahan yang dimiliki TV ini dalah 1.500 nit (model 9506) dan 2.000 nit (model 9639).

Tidak ketinggalan pula dukungan HDR yang menyertakan format Dolby Vision dan HDR10+. Dengan demikian, kontras yang dihadirkannya sangat baik apa pun format HDR yang diberikan pada sumber konten. Ada juga HDR10+ Adaptive yang menggabungkan informasi cahaya sekitar dengan metadata HDR10+ untuk mengoptimalkan kecerahan layar berdasarkan adegan konten.

TV Philips seri 9000 ini juga mendukung sejumlah fitur HDMI 2.1 pada imput tertentu, termasuk eARC, ALLM, dan VRR untuk konten 4K dari 40 Hz hingga 120 Hz. Bermain gim di seri 9000 juga akan menyenangkan karena ada dukungan AMD FreeSync Premium Pro.

Baik TV Philips 9506 dan 9639 dilengkapi dengan sistem operasi Anrdoid TV 10 yang menyertakan pula Google Assistant dan Amazon Alexa. Philips juga mendesain TV itu dengan dukungan platform multi-ruangan DTS Play-Fi.

Seperti yang telah disebutkan, salah satu perbedaan utama dari Philips 9506 dan 9639 adalah bahwa model 9639 menghadirkan speaker Bower & Wilkins, dengan tata suara 3.1 2-channel. Seperti TV Philips OLED+935 produksi tahun 2020, integrasi soundbar pada 9639 menggabungkan speaker Dolby Atmos yang menghadap ke atas.

Sebagai informasi, layar berteknologi penerangan Mini LED pada dasarnya adalah panel LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan lampu LED berukuran mikrometer di bagian belakang panel LCD selain penambahan lapisan film quantum dot.

Teknologi Mini LED disebut-sebut dapat meningkatkan kualitas color gamut dan rentang dinamis jika dibandingkan dengan layar LCD konvensional yang tersedia di pasar saat ini. Layar model ini juga dapat memiliki hingga 3000 zona peredupan lokal (local dimming), sehingga meningkatkan contrast ratio keseluruhan panel sekaligus mengurangi gangguan blooming.

TV Mini LED Philips model 9506 dan 9639 akan mulai tersedia pada bulan Juni 2021, tetapi dengan harga yang belum diinformasikan.

Share
×
tekid
back to top