sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Rabu, 02 Sep 2020 17:17 WIB

Tutorial bikin video keren pakai SoLoop

SoLoop dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membantu kalian membuat video keren meski hanya menggunakan smartphone. Caranya pun cukup mudah.

Tutorial bikin video keren pakai SoLoop

Siapa yang tidak mengenal TikTok. Aplikasi jaringan sosial dan platform video musik yang dikembangkan ByteDance ini makin digandrungi oleh pengguna smartphone. Penggunanya tidak hanya sebatas dari kalangan anak muda, namun juga dari berbagai kalangan usia. Ragam konten video singkat dengan kombinasi musik yang asik, jadi daya tarik bagi aplikasi yang sudah diunduh 100 juta kali pada layanan Google Play Store.

Untuk membuat video singkat pastinya tidak sulit. Namun, biar makin mudah kalian bisa mencoba aplikasi Video Editing SoLoop yang bisa ditemukan pada perangkat Oppo. Alasannya, karena SoLoop memiliki fitur yang cukup komplit untuk membuat videomu tampil beda.

SoLoop dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membantu kalian membuat video keren. Caranya pun cukup mudah. SoLoop sejatinya bisa membuat video dengan mode Auto-generate. Namun jika kalian ingin menikmati proses pembuatan video dan ingin memasukkan berbagai elemen ke dalamnya, baiknya kalian membuatnya secara manual melalui opsi Edit manually.

Jika kalian belum terlalu familiar, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

#1 Masukan video dan urutkan

Masukkan semua video yang kalian ambil sebelumnya menggunakan ikon “+” berwarna kuning di sisi kanan materi video. Pastikan materi video yang Anda masukan sudah sesuai urutan seperti proses yang kalian inginkan.

Jika ada materi video yang ternyata salah posisi, kalian bisa menggesernya dengan cara menekan materi video tersebut kemudian menggesernya ke posisi yang tepat. Jika ada video yang ternyata tidak terpakai, pilih materi video yang tidak terpakai tersebut kemudian ketuk ikon berbentuk ‘tong sampah’ untuk menghapusnya.

Tambahkan materi video

#2 Potong klip yang tidak perlu dan atur kecepatannya

Ketika video sudah urut, langkah kedua adalah membuang rekaman video dari masing-masing materi. Pemotongan di sini bertujuan untuk menghemat panjang video dengan memotong rekaman yang tidak perlu. Jika ada jeda mulai atau di akhir dari masing-masing materi video yang terlalu panjang, baiknya dipotong saja.

Ketika urutan materi video sudah dipotong, sekarang saatnya menentukan kecepatan putar dari masing-masing materi. Kalian bisa mempercepat pemutaran materi video dengan mengetuk menu Change Speed atau ikon bergambar bulatan layaknya spedometer. Kalian bisa membuat salah satu materi video diputar lebih lambat atau lebih cepat sesuai dengan referensi kalian.

Ubah kecepatan video

#3 Masukkan animasi saat transisi perpindahan video

Biar videomu makin keren, kalian bisa memasukkan animasi pada setiap perpindahan antara satu video ke video lainnya. Kalian bisa menemukan menu transisi ini pada ikon kotak yang berisi logo ’>’. Total ada 9 buah transisi yang bisa kalian pakai untuk diselipkan antar video.

Masukkan transisi saat perpindahan video

#4 Pasang filter, teks, dan stiker jika perlu

Setiap orang memiliki selera dan referensi yang berbeda-beda. Dengan SoLoop, kalian juga bisa mengaplikasikan filter pada materi video yang sedang kalian edit. SoLoop memiliki banyak sekali pilihan filter yang pastinya cocok buat kalian.

Kalian juga bisa menambahkan teks pada tiap materi video yang sedang kalian edit, ada beberapa pilihan teks yang bisa kalian pakai. SoLoop juga memiliki deretan stiker yang lucu-lucu. Stiker biasanya akan digemari oleh pengguna muda yang masih senang dengan elemen tambahan pada videonya.

Tambahkan elemen seperti filter, teks, juga stiker

#5 Pastikan musik kalian cocok dengan videonya

Elemen terakhir yang cukup penting dari video singkat adalah musik. Dengan penggunaan musik yang tepat, video yang kalian buat bisa jadi sangat menarik. Karena tak hanya tampilannya yang komplit dengen efek, transisi, filter, musik jadi bumbu pelengkap semua itu.

SoLoop memiliki banyak sekali pilihan musik yang bisa kalian unduh. Genrenya pun sangat beragam, mulai dari yang bersemangat, mellow, sampai musik-musik tenang untuk mengawali hari-harimu.

Masukan musik

Setelah menemukan musik yang tepat, kalian hanya perlu mengetuk tombol Generate di pojok kanan atas, tunggu sebentar dan video keren kalian sudah siap untuk dibagikan.

Editor
Share
×
tekid
back to top