Tumbuh 44%, Apple terus kuasai pasar smartwatch global

Menurut Strategy Analytics, Apple berhasil mengirimkan 12 juta smartwatch selama kuartal kedua 2019, naik 44% dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Tumbuh 44%, Apple terus kuasai pasar smartwatch global (Foto: Engadget)

Pasar smartwatch global mengalami pertumbuhan yang mengesankan. Dari sejumlah vendor yang menjual smartwatch, Apple tercatat masih memimpin pasar smartwatch global dengan selisih yang cukup banyak. 

Menurut Strategy Analytics, Apple berhasil mengirimkan 12 juta smartwatch selama kuartal kedua 2019, naik 44% dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Sebagian besar pertumbuhan ini disebabkan konsumen yang semakin sering mengakses smartphone mereka dengan perangkat kebugaran.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Garmin hadirkan smartwatch bertema Avenger

Bukan cuma sepatu, Puma juga punya smartwatch berlayar AMOLED

Garmin tawarkan smartwatch GPS dengan panel surya


Dilansir Cnet (7/8), Apple mempertahankan pangsa pasarnya dari 44,4% menjadi 46,4% dimana 5,7 juta unit smartwatch terkirim selama kuartal kedua 2019. "Apple Watch tetap terdepan dan telah menangkal persaingan yang kuat dari kompetitor seperti Fitbit," kata Neil Mawston, direktur eksekutif di Strategy Analytics.

"Apple tetap menjadi pemimpin pasar jam tangan pintar."

Apple memang telah membuat dorongan besar ke industri kesehatan dan kebugaran, sehingga lebih banyak data kesehatan yang disajikan kepada pengguna perangkatnya termasuk penghitungan langkah di iPhone hingga pelacak detak jantung di Apple Watch. 

Dalam sebuah wawancara Januari lalu, CEO Apple Tim  Cook menyuarakan upaya perusahaan terkait perawatan kesehatan. "Ini merupakan bidang yang saya percaya, jika Anda memandang masa depan, Anda menoleh ke belakang dan Anda mengajukan pertanyaan 'Apa kontribusi terbesar Apple bagi manusia?' Ini tentang kesehatan," kata Cook.

Menyusul Apple, Samsung mencatat pertumbuhan yang tak kalah mengesankan. Smartwatch Samsung terjual dengan pertumbuhan yang naik dari 10,5% menjadi 15,9% dimana dua juta unit yang dikirimkan perusahaan selama kuartal kedua 2019. Besarnya pertumbuhan Apple dan Samsung mengantarkan Fitbit di posisi ketiga dengan penurunan pangsa pasar dari 15,2% menjadi 9,8%.

"Fitbit telah berjuang untuk bersaing dengan Apple watch di pasar smartwatch premium, sementara model Versa Lite baru berjuang untuk bersaing di kelas entry," ujar Mawston.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: