sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 10 Jul 2024 19:04 WIB

TSMC pede percepat uji coba chip 2nm minggu depan

TSMC dilaporkan akan memulai uji coba produksi chip 2nm minggu depan, yang pertama kali diadopsi oleh Apple untuk seri iPhone 17 dan perangkat Apple lainnya.

TSMC pede percepat uji coba chip 2nm minggu depan

TSMC dilaporkan akan memulai uji coba produksi chip 2nm minggu depan, yang pertama kali diadopsi oleh Apple untuk seri iPhone 17 dan perangkat Apple lainnya. Khususnya, produksi uji coba dimulai jauh lebih awal.

Sebelumnya produksi uji coba diharapkan akan dimulai pada Q4 (pada bulan Oktober atau lebih). Hal ini dimaknai sebagai upaya mempercepat produksi guna mengamankan hasil yang stabil sebelum produksi massal. Sebagai informasi, produksi uji coba adalah saat perusahaan menguji proses lini produksi yang direncanakan untuk digunakan, sebelum produksi massal.

Dilansir dari Gizmochina (10/7), uji coba produksi akan dilakukan di pabrik Baoshan TSMC di Taiwan utara. Peralatan yang diperlukan untuk produksi 2nm telah dibawa dan dipasang di pabrik Baoshan sejak kuartal kedua.

Model iPhone 15 Pro dilengkapi dengan chipset A17 Pro yang dibuat menggunakan proses 3nm TSMC. Proses ini memungkinkan lebih banyak transistor untuk dikemas ke dalam ruang yang lebih kecil, sehingga meningkatkan kinerja dan efisiensi dibandingkan pendahulunya. Chip M4 Apple baru-baru ini memulai debutnya dengan iPad Pro baru, yang menggunakan proses fabrikasi 3nm yang ditingkatkan.

Mendapatkan tingkat hasil yang cukup baik (persentase chip yang lolos pemeriksaan kendali mutu) umumnya merupakan salah satu tantangan terbesar untuk catatan proses baru. Pada bulan April tahun lalu, chip 3nm dari TSMC memiliki tingkat hasil sekitar 50%.

Apple sebelumnya diyakini akan mengamankan seluruh kapasitas produksi chip 3nm TSMC untuk chip A17 Pro dan M3. Ini juga bisa diulangi dengan TSMC untuk kapasitas produksi 2nm. Sebuah laporan dari Mei tahun lalu mengatakan bahwa Apple juga sedang berupaya untuk mengamankan seluruh kapasitas produksi chip 2nm.

TSMC diharapkan menerapkan teknologi gate all around (GAA) yang dimulai dengan proses 2㎚, yang akan meningkatkan kinerja dan efisiensi daya. TSMC juga berencana memperkenalkan teknologi back-side power supply (BSPR) dengan chip 2nm.

Share
×
tekid
back to top