sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 17 Apr 2021 08:25 WIB

TSMC hentikan pesanan chip untuk superkomputer Tiongkok

Sanksi tersebut pasti akan memengaruhi kemampuan Tiongkok untuk tetap berada di posisi terdepan dalam superkomputer.

TSMC hentikan pesanan chip untuk superkomputer Tiongkok

Baru-baru ini Amerika Serikat menambahkan entitas baru ke dalam daftar hitam perdagangannya, yang berasal dari Tiongkok. Sekarang, dampak dari sanksi ini sudah terlihat karena TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) telah menangguhkan pesanan chip dari salah satu perusahaan baru yang masuk dalam daftar hitam.

Pabrikan chip kontrak terbesar di dunia tersebut telah berhenti menerima pesanan dari Phytium Information Technology Co, yang merupakan salah satu dari tujuh perusahaan superkomputer Tiongkok yang ditambahkan ke Daftar Entitas AS minggu lalu, sebagaimana dilaporkan oleh SCMP.

Dilansir dari Gizmochina (17/4), sumber yang dekat dengan masalah itu mengatakan TSMC akan menyelesaikan semua pesanan yang ada, sebelum Phytium ditambahkan ke dalam daftar hitam atas tuduhan keamanan nasional.

Perwakilan TSMC menolak untuk mengomentari masalah ini. Namun menyatakan perusahaan akan “mematuhi semua undang-undang dan peraturan seperti biasa, dan akan beroperasi sesuai dengan pembatasan ekspor”. Sementara itu, Phytium belum memberikan pernyataan apapun terkait masalah ini. Saat ini, Tiongkok berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan teknologi semikonduktor lokal, tetapi mereka masih bergantung pada teknologi asing dan chip dari luar negeri.

Superkomputer perusahaan asal negara tersebut menggunakan prosesor yang dibuat oleh raksasa teknologi seperti Intel, AMD, dan IBM. Menurut Francis Lau, seorang profesor ilmu komputer di Universitas Hong Kong mengatakan, “sanksi tersebut pasti akan memengaruhi kemampuan Tiongkok untuk tetap berada di posisi terdepan dalam superkomputer, karena semua superkomputer saat ini sebagian besar menggunakan komponen buatan AS. Meskipun ada alternatif yang dibuat oleh negara lain seperti Jepang dan Korea Selatan, komponen terbaiknya tetap dibuat oleh AS”.

Share
×
tekid
back to top