sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
Jumat, 11 Jun 2021 16:50 WIB

TSMC didesak buka pabrik di Jepang

Sony mungkin menerima bantuan dari TSMC untuk memenuhi permintaan tinggi sensor gambar, mikrokontroler otomotif, dan chip lainnya juga.

TSMC didesak buka pabrik di Jepang
Source: Pixabay via Pexels

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) tampaknya sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik pembuatan chip pertama mereka di Jepang. Kabar ini hadir saat Tokyo mendesak perusahaan asal Taiwan itu untuk memperluas produksi semikonduktornya di negara tersebut.

Produsen chip kontrak terbesar di dunia tersebut, yang juga merupakan pemasok utama untuk perusahaan asal Jepang Sony, saat ini sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik di Prefektur Kumamoto. Saat ini, perusahaan itu sedang mengevaluasi rencana untuk membangun sebuah situs di Jepang barat, sebagaimana dilaporkan oleh sumber yang dekat masalah tersebut. Khususnya, lokasi situs itu juga akan membuat pabrik dekat dengan salah satu pabrik Sony.

Dilansir dari Gizmochina (11/6), Sony mungkin menerima bantuan dari TSMC untuk memenuhi permintaan tinggi sensor gambar, mikrokontroler otomotif, dan chip lainnya juga. Salah satu sumber menyatakan “TSMC sedang mempertimbangkan proposal pemerintah Jepang untuk membangun pabrik chip canggih di Jepang, meskipun belum sepenuhnya berkomitmen dan final”.

Secara khusus, pabrik tersebut akan menjadi situs pembuatan chip pertama TSMC di negara Jepang dengan perusahaan-perusahaan dari wilayah ini menyumbang sebesar 4,7% dari pendapatannya pada 2020.

Selain itu, ini juga akan menandai perubahan besar dalam strategi perusahaan untuk hanya mempertahankan produksi di negara asalnya, Taiwan. Demikian pula, TSMC membangun pabrik chip di AS karena tekanan dari Washington, yang juga telah mendesak perusahaan untuk membangun fasilitas semikonduktor di kawasan seperti Tokyo. Sumber lain menambahkan “Salah satu alasan utama TSMC memiliki lokasi ini adalah karena klien besar Jepangnya, Sony, memiliki pabrik di sana”.

Share
×
tekid
back to top