sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Sabtu, 16 Mei 2020 12:15 WIB

TSMC akan buka pabrik di AS

Kabar ini muncul beberapa hari setelah laporan bahwa pemerintahan Trump berharap untuk membujuk TSMC dan sesama produsen chip Intel, menghadirkan produksi di AS.

TSMC akan buka pabrik di AS
Source: Pexels

Perusahaan manufaktur semikonduktor yang memproduksi prosesor mobile Apple seri A, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) baru saja mengumumkan akan membangun pabrik baru di Amerika Serikat. Diperkirakan mereka akan menghabiskan biaya sekitar USD12 miliar (Rp178,5 triliun) selama 8 tahun ke depan untuk menciptakan “pabrik semikonduktor mutakhir” di Arizona.

TSMC mengatakan bahwa fasilitas tersebut akan “memanfaatkan teknologi 5 nanometer dari TSMC sendiri untuk pembuatan fabrikasi semikonduktor” dan bahwa mereka akan memiliki kapasitas untuk menghadirkan hingga 20.000 fabrikasi semikonduktor per bulan.

Perusahaan tersebut juga mengatakan mereka akan menciptakan lebih dari 1.600 pekerjaan profesional, di samping ribuan pekerjaan tidak langsung yang terkait dengan semikonduktor. Dilansir dari Digital Trends (16/5), konstruksi pabrik akan dimulai tahun depan dan dijadwalkan berjalan hingga 2029.

Kabar ini muncul beberapa hari setelah laporan bahwa pemerintahan Trump berharap untuk membujuk TSMC dan sesama produsen chip Intel untuk menghadirkan produksi di AS. Pemerintah dilaporkan khawatir mengandalkan produsen luar negeri, terutama di Tiongkok dan bagian lain di Asia, untuk penyediaan prosesor penting. Dengan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi rantai pasokan global, kebutuhan akan komponen elektronik yang tersedia secara lokal menjadi semakin sedikit.

Pabrikan asal Taiwan itu sudah mengoperasikan pabrik di Camas, Washington, selain dua pusat desain di Austin, Texas, dan San Jose, California; menjadikan pabrik yang direncanakan tersebut sebagai pabrik kedua di AS. TSMC menanggapi positif tentang peluang lebih lanjut untuk bisnis di AS, “TSMC menyambut kemitraan kuat yang berkelanjutan dengan pemerintah AS dan Negara Bagian Arizona dalam proyek ini,” kata perusahaan itu.

Share
back to top