sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Kamis, 12 Jan 2023 11:04 WIB

Transfer eSIM akan lebih mudah di Android

Google sedang mengerjakan langkah agar membuat transfer eSIM lebih mudah dilakukan di perangkat berbasis Android.

Transfer eSIM akan lebih mudah di Android

Google baru-baru ini meluncurkan pembaruan Android 13 QPR2 beta kedua untuk perangkat Pixel tertentu, yang mencakup sejumlah perubahan mendasar. Menurut Mishaal Rahman, di antara perubahan ini adalah properti sistem baru yang disebut 'euicc.seamless_transfer_enabled_in_non_qs', yang menunjukkan bahwa Android dapat segera mendapatkan dukungan untuk transfer eSIM yang lebih baik.

Saat ini, pengguna Android harus menonaktifkan profil eSIM di ponsel lama dan mengaktifkannya di ponsel baru. Proses ini tidak mulus dan mungkin mengharuskan pengguna menghubungi operator mereka untuk mengaktifkan eSIM di ponsel barunya.

Sebaliknya, iOS menawarkan fitur Quick Transfer yang memungkinkan pengguna mentransfer fisik atau eSIM dari iPhone lama mereka ke model baru tanpa menghubungi operator. Tampaknya Google mengambil inspirasi dari fitur iOS ini dan berupaya menghadirkan fungsionalitas serupa ke Android.

Dilansir dari Gizmochina (12/1), fitur itu sedang diterapkan di aplikasi SIM Manager di ponsel Pixel dan beberapa ponsel lain yang dikirimkan dengan Google Mobile Services. Namun, kompatibilitas lengkapnya belum tersedia. Kemungkinan jajaran Google Pixel akan mendukung transfer profil eSIM dan mengubah SIM fisik menjadi profil eSIM. Perangkat dari OEM lain juga akan mendapatkan dukungan untuk transfer profil eSIM, tetapi kemampuan untuk mengonversi SIM fisik ke profil eSIM mungkin terbatas pada beberapa model.

Belum jelas kapan Google berencana merilis fitur ini. Itu bisa tiba dengan March 2023 Pixel Feature Drop atau nanti di tahun ini dengan Android 14. Perusahaan belum mengomentari masalah ini, dan tidak diketahui kapan lebih banyak informasi akan tersedia.

Secara keseluruhan fitur ini akan membuat transisi profil eSIM ke ponsel baru menjadi lebih mudah dan mulus, dengan tidak mengharuskan pengguna untuk menghubungi operator dan melakukan aktivasi. Ini dapat membuat proses transisi jauh lebih mudah digunakan dan tidak memakan waktu.

Share
×
tekid
back to top