sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Kamis, 21 Mei 2020 14:15 WIB

Transaksi DANA meningkat 15% di masa pandemi

Alami peningkatan intensitas penggunaan selama masa pandemi, DANA terus kembangkan teknologi dan inovasi di aplikasinya.

Transaksi DANA meningkat 15% di masa pandemi
Source: DANA

Masa pandemi telah mendorong peningkatan pemanfaatan dompet digital DANA sebagai solusi di kalangan masyarakat luas, termasuk ekosistem penggerak aksi-aksi kemanusiaan. Meningkatnya intensitas penggunaan DANA ini, juga dibarengi dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang menjadi pengguna DANA. Diketahui terdapat kenaikan transaksi pada masa pandemi sebesar 15 persen, dan jumlah pengguna DANA juga sudah lebih dari 40 juta pada bulan ini. 

"DANA tak pernah berhenti berinovasi dan melahirkan solusi-solusi baru. Ketika terjadi pandemi, kami mengembangkan kapabilitas dengan menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat bagi segenap ekosistem. Anak-anak muda di DANA memiliki komitmen tinggi untuk bersama-sama menciptakan solusi yang dapat membantu masyarakat Indonesia dan negara untuk melalui Covid-19 ini dengan baik dan lancar," kata Chief Technology Officer DANA, Norman Sasono. 

Kenaikan jumlah pengguna DANA dan partisipasi masyarakat dalam ekosistem program-program DANA ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mempercayai penggunaan dompet digital sebagai metoda pembayaran, dan juga keyakinan publik terhadap kemampuan DANA sebagai solusi bertransaksi nontunai yang mudah, lancar dan aman di berbagai situasi, terutama situasi pandemik seperti sekarang ini.

Secara umum, animo masyarakat memanfaatkan dompet digital DANA terlihat meningkat pada beragam transaksi kebutuhan pokok, pembayaran tagihan-tagihan, hingga donasi kemanusiaan. Tercatat, 94% dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA berupa transaksi online. Sisanya, 6% berupa transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

DANA juga menghadirkan program khusus "Miniprogram Siap Siaga Covid-19" yang tersedia di dalam platform, agar masyarakat dan ekosistem dapat memanfaatkan secara optimal teknologi DANA untuk bergotong-royong digital membantu tenaga medis mendapatkan dukungan APD. Terdapat pula program #TempatSinggahTenagaMedis, yang turut membantu menggerakkan perekonomian rakyat dengan ikut mendaftarkan warung-warung di lingkungan rumah lewat DANA, hingga berpartisipasi dalam aksi-aksi bertema sosial, kemanusiaan, dan ekonomi kerakyatan.

Diketahui Miniprogram Siap Siaga Covid-19 saat ini telah diakses lebih dari 1 juta pengguna. Untuk program Bantu Warung Tetangga, dalam 6 hari sejak live pertama pada 8 April 2020, jumlah warung yang sudah didaftarkan mencapai lebih dari 3.500 warung, yang akan terbantu oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Program-program lain yang mendapat dukungan penuh antusias masyarakat adalah program penyediaan tempat singgah untuk tenaga medis yang dihadirkan bersama Habitat for Humanity.

Selain menghadirkan Miniprogram tersebut, DANA juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti institusi keuangan, untuk mempermudah penggunanya melakukan transaksi kapanpun di manapun melalui teknologi penyimpanan kartu debit dan kredit di dalam aplikasi DANA.

Share
back to top