sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 01 Nov 2021 10:45 WIB

Toyota umumkan mobil listrik pertamanya

Pabrikan tersebut telah mengemas bZ4X dengan banyak fitur yang mengesankan. Mobil ini mampu mengisi daya dua arah untuk kapasitas kendaraan-ke-rumah.

Toyota umumkan mobil listrik pertamanya

Toyota telah masuk ke dalam kelompok pabrikan mobil tradisional yang sekarang mulai melakukan diversifikasi ke manufaktur kendaraan listrik. Sebelumnya perusahaan ini telah merilis konsep mobil listrik, tetapi kini telah melangkah lebih jauh dengan meluncurkan mobil listrik pertamanya yang disebut bZ4X. Selama Shanghai Motor Show awal tahun ini, Toyota telah memamerkan bZ4X sebagai mobil konsep.

Perlu dicatat bahwa perusahaan asal Jepang tersebut telah menawarkan kendaraan listrik di Tiongkok sebelumnya. Namun bZ4X adalah kendaraan listrik pertama mereka dengan platform khusus BEV dan dibuat untuk pasar global.

Seperti yang tercermin dalam pembukaan konsep, “bZ” berarti “beyond zero”, yang merupakan strategi elektrifikasi Toyota untuk jajaran kendaraan listriknya yang akan datang. BZ4X tidak jauh berbeda dari apa yang kita lihat dari versi konsepnya. Dilansir dari Gizmochina (11/1), mobil listrik ini hanya memiliki beberapa fitur yang diperbarui dan masih menampilkan desain agresif.

Toyota bZ4X dilengkapi dengan baterai 71,4 kWh, dengan jangkauan 500 km untuk versi penggerak roda depan dan 460 km untuk versi SUV all-wheel-drive (AWD). Versi penggerak roda depan memiliki motor tunggal 150 kW sedangkan versi AWD memiliki motor 80 kW untuk setiap gardan untuk menawarkan tenaga lebih.

Pabrikan tersebut telah mengemas bZ4X dengan banyak fitur yang mengesankan. Mobil ini mampu mengisi daya dua arah untuk kapasitas kendaraan-ke-rumah. Atap surya opsional menambahkan beberapa opsi bagus untuk bZ4X. Toyota mengatakan atap surya dapat menghasilkan listrik setara dengan 1.800 km jarak berkendara per tahun. Ini berarti panel surya menawarkan daya yang setara dengan setidaknya tiga baterai dalam hal jarak tempuh.

Fitur opsional lainnya di bZ4X adalah kemudi berbentuk sayap untuk meningkatkan visibilitas. Ini memiliki sistem steer-by-wire yang memungkinkan berkendara lebih nyaman. Gerakan lock-to-lock diatur sekitar 150 derajat, untuk lebar dan kontrol kemudi yang lebih besar.

Sistem kontrol bZ4X mengontrol pergerakan ban untuk memastikan stabilitas dalam situasi berkendara yang sulit dan jalan yang tidak rata atau ketika Lane Tracing Assist diaktifkan. Fitur One-motion grip memberikan lebih banyak ruang untuk kaki dan memudahkan untuk masuk dan keluar. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut seputar harganya.

Share
×
tekid
back to top