sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 25 Jun 2022 10:38 WIB

Toyota tarik ribuan mobil listrik pertamanya karena isu keamanan

Sebanyak 2.700 unit Toyota bZ4X SUV ditarik kembali oleh perusahaan karena ditemui risiko ban terlepas.

Toyota tarik ribuan mobil listrik pertamanya karena isu keamanan

Toyota dilaporkan menarik 2.700 unit SUV listrik pertamanya, hanya dua bulan setelah diluncurkan. Toyota bZ4X SUV ditarik kembali karena rodanya berisiko lepas. Perusahaan telah mengajukan permintaan penarikan kembali ke Kementerian Perhubungan Jepang.

Rincian distribusi bZ4X yang dijadwalkan untuk ditarik kembali menunjukkan Eropa sebagai tujuan utama sebagian besar mobil yang terdampak. Sebanyak 2.200 unit mobil yang ditarik kembali ada di Eropa, sementara 260 unit di Amerika Serikat, 110 unit di Jepang, dan 10 unit di Kanada.   

Regulator keselamatan Jepang memperingatkan bahwa tikungan tajam dan rem mendadak dapat mengakibatkan kendornya baut hub. Ini meningkatkan resiko roda terlepas dari kendaraan. Namun, belum ada kecelakaan aktual yang dilaporkan karena hal ini.

Pemilik mobil yang terkena penarikan unit disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan mereka sampai tindakan perbaikan dilakukan. Di samping itu, perusahaan mengatakan lebih banyak pelanggan akan dapat membeli kendaraan hibrida sampai jaringan pengisi daya listrik membaik, sambil tetap mencapai pengurangan emisi karbon dioksida.

“Sampai obatnya tersedia, tidak ada yang boleh mengendarai kendaraan ini,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dilansir dari Gizmochina (25/6), perusahaan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan oleh penarikan tersebut. Toyota mengatakan 2.700 unit bZ4X yang ditarik adalah bagian dari jumlah keseluruhan yang diproduksi untuk model tersebut. 

Share
×
tekid
back to top