sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 15 Des 2021 15:12 WIB

Toyota Lexus listrik bisa tembus 100 km/jam dalam 2 detik

Meskipun Toyota telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana USD70 miliar (Rp1.000 triliun) untuk elektrifikasi kendaraannya, proyeksi jangka menengahnya untuk kendaraan listrik relatif konservatif.

Toyota Lexus listrik bisa tembus 100 km/jam dalam 2 detik

Toyota memiliki tujuan untuk meluncurkan 30 kendaraan listrik pada tahun 2030, memperluas rencananya untuk menjual 15 model listrik pada tahun 2025. Perusahaan itu memberikan proyeksi masa depan dengan menampilkan berbagai konsep kendaraan listrik selama presentasi.

Di antaranya adalah pikap, yang dapat bersaing dengan Ford F-150 Lightning dan Rivian R1T. Mobil pikap listrik Toyota sangat mirip dengan Toyota Tacoma. Dengan demikian, mungkin ada opsi listrik untuk versi pikap berikutnya.

Model lainnya termasuk mobil listrik sport dan Compact Cruiser bergaya FJ Cruiser. Ada pula model komersialnya, seperti Micro Box dan Mid Box. Toyota sekali lagi memamerkan sistem setir otonom e-Palette, yang digunakan untuk mengangkut atlet selama Olimpiade dan Paralimpiade tahun ini.

Dilansir dari Engadget (15/12), perusahaan asal Jepang itu juga mengungkapkan jajaran konsep mobil listrik Lexus. Ini memiliki akselerasi yang sangat prima, mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2 detik, dan memiliki jangkauan sekitar 700 km dalam sekali isi ulang baterai. Toyota juga memamerkan sedan dan SUV listrik.

Meskipun Toyota telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana USD70 miliar (Rp1.000 triliun) untuk elektrifikasi kendaraannya, proyeksi jangka menengahnya untuk kendaraan listrik relatif konservatif. Mereka berharap menjual sekitar 3,5 juta mobil listrik per tahun pada tahun 2030, yang merupakan sekitar sepertiga dari penjualan kendaraan saat ini.

Sebaliknya, Volkswagen memperkirakan bahwa, pada waktu tersebut, setengah dari penjualan kendaraannya akan menjadi model listrik, dan pada tahun 2040, sebagian besar penjualannya di pasar utama adalah mobil listrik. Setelah menjadi pemimpin awal dalam teknologi kendaraan hibrida, Toyota mengejar ketinggalan dengan pabrikan mobil lain di pasar kendaraan listrik.

Sementara itu, Toyota baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun pabrik baterai mobil listrik senilai USD1,29 miliar (Rp18,5 triliun) di North Carolina pada tahun 2025. Perusahaan bulan lalu menolak untuk bergabung dengan pabrikan mobil lain, termasuk GM dan Ford, dalam berjanji untuk menghentikan mobil bertenaga bahan bakar fosil pada tahun 2040. Namun, Lexus berencana untuk hanya menjual mobil listrik pada tahun 2035.

Share
×
tekid
back to top