Toyota akan mendarat di bulan

Hal yang sangat menarik dari pengumuman JAXA / Toyota adalah, tujuan mereka ke bulan untuk memberikan banyak kebebasan bagi para astronot di atas kendaraan.

Toyota akan mendarat di bulan

Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang (Japanese Aerospace Exploration Agency) atau disingkat JAXA, telah bekerja sama dengan salah satu pabrikan otomotif ternama Jepang, Toyota. Kerjasama ini untuk membangun wahana otonom bertekanan yang akan mendarat di permukaan bulan pada tahun 2019. Dilansir dari Engadget (12/3), mereka akan membangun transporter beroda enam yang akan membawa dua awak dalam jarak 10 ribu kilometer menggunakan tenaga surya dan teknologi sel bahan bakar Toyota.

Wahana tersebut akan berukuran sekitar dua minibus, dengan ruang layak huni seluas 13 meter persegi. Para astronot akan dapat melepaskan pakaian astronot di dalam kendaraan saat menjelajah. Kendaraan tersebut juga akan mendarat di bulan lebih dahulu, sebelum ekspedisi manusia tiba. Wahana tersebut juga akan melakukan perjalanan secara otomatis untuk menemui awak yang mendarat.


BACA JUGA

NASA buka pendaftaran untuk melancong ke Mars

Ukuran Bulan terus menyusut

Misi Artemis NASA, jelajah bulan perdana dengan astronot wanita


Pengumuman tersebut hadir pada waktu aktif dalam eksplorasi ruang angkasa. Kurang dari seminggu lalu SpaceX merapatkan pesawat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS), sementara China meningkatkan ambisi ruang angkasanya sendiri. Mereka baru-baru ini mencapai sisi terjauh bulan, dan itu yang pertama kalinya.  Mereka juga mengungkapkan rencana untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga surya di luar angkasa.

Hal yang sangat menarik tentang pengumuman JAXA / Toyota adalah, tujuan mereka membangun wahana ini untuk memberikan banyak kebebasan bagi para astronot di atas kendaraan. Dengan begitu teknologi bertekanan semacam ini membawa gagasan yang pernah ada tentang hidup di bulan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: