sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 20 Jan 2020 09:01 WIB

Toshiba buat PC jadi lebih kencang dari komputer kuantum

Dengan menggunakan algoritma "Simulated Bifurcation Algorithm", ilmuwan di Toshiba berhasil buat komputer rumahan lebih kencang dari komputer kuantum.

Toshiba buat PC jadi lebih kencang dari komputer kuantum
Credit : Pexels

Hayato Goto, seorang ilmuwan peneliti senior di Toshiba, telah menciptakan sesuatu yang mengejutkan. Dia mengklaim, dirinya telah membuat algoritma yang akan membuat komputer biasa lebih cepat dari sebuah super komputer.

Dia berhasil melakukan hal tersebut setelah menciptakan algoritma bernama "Simulated Bifurcation Algorithm". Goto awalnya sudah memiliki ide ini pada tahun 2015, dan butuh peneliti senior serta dua tahun untuk mengimplementasikan algoritma dengan cara yang secara efisien dapat menyaring sejumlah besar kemungkinan.

Seperti diketahui, sebagian besar yang dapat menjalankan algoritma optimasi kombinatorial adalah komputer kuantum. Tapi, dengan algoritma baru ini, komputer rumahan pun dapat menjalankan algoritma tersebut, seperti lapor Wccftech (20/1/2020).

Goto bermitra dengan Kosuke Tatsumura, ilmuwan peneliti senior lain di Toshiba untuk menciptakan algoritma ini. Keahlian Tatsumura memungkinkan tim untuk membuat algoritma yang sangat scalable, memungkinkannya untuk bekerja tidak hanya pada satu komputer saja tetapi pada kelompok server CPU dan FPGA. 

"Anda bisa memasangkan algoritma ini ke server dan menjalankannya pada suhu kamar," kata Tatsumura.

Menggunakan cluster FPGA, algoritma Toshiba dilaporkan dapat berjalan hingga sepuluh kali lebih cepat daripada komputer kuantum bahkan berbasis laser, yang saat ini merupakan komputer tercepat dalam memecahkan serangkaian masalah tertentu.

Algoritma Bifurkasi Simulasi memanfaatkan fenomena bifurkasi, proses adiabatik, dan proses ergodik dalam mekanika klasik untuk secara cepat menemukan solusi yang sangat akurat atau solusi yang  terbaik.

Toshiba memperoleh ide prinsip dari teori komputer kuantum yang diajukan oleh perusahaan itu sendiri. Gerakan 2.000 partikel sebagai Simulated Bifurcation Algorithm menyelesaikan masalah optimasi dengan 2.000 variabel yang terhubung sepenuhnya.

Toshiba sekarang bertujuan untuk menggunakan terobosan teknologi utama ini untuk mewujudkan dan mengkomersilkan akses ke platform ini. Mereka berencana menjual algoritma ini kepada perusahaan keuangan dan perdagangan saham, jejaring sosial, perusahaan manufaktur, dan perusahaan lain yang perlu menyelesaikan masalah optimisasi kombinatorial dengan lebih efisien.

Share
×
tekid
back to top