sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Selasa, 30 Mar 2021 11:03 WIB

Tips optimalkan fitur kamera dan video di Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 diperkuat dengan tiga kamera belakang. Konfigurasi tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi ultra tinggi 108 MP sehingga menampilkan detail yang sangat jelas.

Tips optimalkan fitur kamera dan video di Xiaomi Mi 11

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat pintar dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, beberapa waktu lalu mengumumkan kehadiran Mi 11 ke pasar Indonesia. Mi 11 sendiri merupakan ponsel flagship pertama di dunia dan di Indonesia yang menggunakan chipset paling mutakhir dari Qualcomm, Snapdragon 888.

Sebagai informasi, Snapdragon 888 memiliki manufaktur 5 nm yang menawarkan peningkatan performa hingga 25% jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain menyajikan performa yang sangat mulus, chipset Snapdragon 888 yang ada di dalam Xiaomi Mi 11 juga menampilkan efisiensi daya yang tinggi sehingga memungkinkan penggunaan baterai yang awet.

Tentu saja performa luar biasa Xiaomi Mi 11 diiringi pula dengan kemampuan kameranya. Ponsel ini diperkuat dengan tiga kamera belakang. Konfigurasi tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi ultra tinggi 108 MP sehingga menampilkan detail yang sangat jelas meski digunakan untuk mencetak ukuran sangat besar. Kamera kedua dilengkapi dengan lensa ultra lebar beresolusi 13 MP. Meski memiliki bidang pandang yang sangat luas, hasil foto dari lensa ultra lebar Mi 11 tidak menampilkan gangguan distorsi gambar.

Kamera terakhir dari ketiga kamera belakang tersebut adalah lensa macro. Lensa ini memungkinkan jarak fokus yang amat dekat dengan subjek. Ini memungkinkan subjek berukuran kecil terlihat menjadi besar. Tidak berhenti disitu saja, ada sebuah fitur yang salah satunya berguna untuk memudahkan melakukan fotografi makro bernama ‘Focus & shoot’.

Fungsi tersebut dapat diaktifkan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi kamera. Setelah itu, cari opsi ‘Focus & shoot’ dan kemudian aktifkan dengan cara menggeser slider ke arah kanan. Setelah fitur ini aktif, kamu akan lebih mudah menentukan titik fokus terutama ketika sedang memotret fotografi macro tanpa harus jauh-jauh menekan tombol shutter setelah menekan layar untuk melakukan fokus di titik yang diinginkan.

Ada beragam fitur di dalam aplikasi kamera Mi 11 demi meningkatkan kreativitas. Beberapa di antaranya adalah mode Portrait. Ini berguna untuk menampilkan efek bokeh di latar belakang subjek. Kamu dapat menyesuaikan efek bokeh dengan mengatur besaran aperture dari angka f/1.0 hingga f/16. Selain mengatur efek bokeh, Mi 11 juga memungkinkan pengguna untuk mengubah efek warna pada latar belakang subjek.

Pengaturan efek warna latar belakang dapat dilakukan dengan menekan ikon khusus di kiri bawah (ketika ponsel berada dalam orientasi vertikal). Kemudian akan ada aneka efek yang dapat dipilih sesuai selera seperti Neon, Phantom, Nostalgia, Rainbow, Decadence, Beams, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin mengubah efek bokeh dan warna pada latar belakang subjek. Pasalnya, Mi 11 memungkinkan kita mengubahnya meski foto telah diambil. Untuk melakukan ini, cukup tekan ikon aperture pada foto yang diambil menggunakan mode Portrait. Kemudian, geser slider untuk menampilkan latar belakang buram yang diinginkan.

Untuk mengubah warna pada latar belakang, pilih opsi Cinematic setelah menekan tombol aperture di hasil foto. Selanjutnya, pilih efek pencahayaan yang menurut kamu paling cocok. Tidak berhenti di sini saja, kamu juga dapat mengubah latar belakang menjadi bergerak dengan memilih opsi Light trails.

Terdapat pilihan yang memungkinkan hasil foto yang diambil menjadi lebih kreatif. Ini adalah mode Long Exposure. Menggunakan fitur ini, secara mudah kamu dapat melakukan pemotretan dengan durasi shutter panjang. Ada beberapa opsi dalam mode ini, yaitu Moving Crowd, Neon Trails, Oil Painting, Light Painting, Starry Sky, dan Star Trails.

Ketika menjajal memotret menggunakan mode Long Exposure dengan opsi Neon Trails, prosesnya lebih mudah ketimbang cara manual mengatur shutter speed dengan melakukan estimasi durasinya. Mi 11 secara real-time menampilkan hasil trail cahaya sesaat setelah tombol shutter ditekan. Jika durasi exposure sudah cukup, kamu tinggal tekan tombol shutter kembali.

Hasil Neon Trails

Hasil Moving Crowds

Aspek videografi juga mendapatkan perhatian utama dalam Xiaomi Mi 11. Pasalnya, ponsel flagship dengan prosesor mutakhir di dalamnya ini hadir dengan sejumlah fitur yang memudahkan siapa pun menjadi sutradara seperti Magic Zoom, Time Freeze, Parallel World, Freeze Frame, Night Time-lapse, dan Slow Shutter. Dengan demikian, fitur-fitur ini akan menghasilkan video yang artistik sesuai imajinasi masing-masing pengguna.

Selain itu, pengalaman melakukan videografi dapat diambil dengan 8 filter video cinematic untuk membangun suasana tertentu. Fitur Ultra Night Video merupakan senjata andalan Mi 11 yang menggabungkan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak agar bisa merekam video dalam kondisi gelap tanpa masalah.

Tidak ketinggalan pula Mi 11 Voice Isolation yang membantu memblokir kebisingan sekitar agar hasil audio lebih jernih untuk pengambilan video. Dengan serangkaian keunggulan ini, setiap pengguna ponsel Xiaomi Mi 11 berkesempatan untuk menyalurkan kreativitas tak terbatas dalam sebuah ponsel.

Untuk menghadirkan video yang stabil, kamu tidak perlu mengandalkan gimbal. Cukup menggunakan tangan ketika berjalan atau kegiatan sejenisnya, hasil rekaman video dijamin mampu mereduksi getaran tangan. Untuk mengaktifkan stabilisasi video, cukup pergi ke aplikasi kamera dan masuk ke mode pengaturan dan kemudian aktifkan ‘Image stabilization’.

Ketika kamu mengaktifkan fitur Image Stabilization, bisa dibilang ini adalah pengaturan reduksi getaran standar. Ada pula opsi peredam getaran bernama Steady Video, fungsi ini memungkinkan kualitas stabilisasi yang lebih baik dari Image Stabilization reguler. Terakhir ada pula fitur stabilisasi video bernama Steady Video Pro.

Dengan beberapa opsi stabilisasi video, Mi 11 menawarkan pengguna mode sesuai kebutuhan saat merekam video. Ini berujung meminimalisir kekhawatiran dan memungkinkan pengguna tetap berfokus pada konten yang akan dibuat.

Selama memproduksi konten foto atau video, pengguna juga dimanjakan dengan panel layar yang berkualitas. Pasalnya, Xiaomi M1 11 hadir dengan panel layar AMOLED 8,81 inci dengan refresh rate 120 Hz. Resolusi yang mampu ditampilkannya adalah 3.200 x 1440 piksel dengan ketajaman 515 ppi. Dengan kata lain, layar ponsel ini bisa menampilkan 4,57 juta piksel sekaligus untuk memanjakan mata pengguna melalui konten resolusi tinggi.

Dengan keunggulan kamera untuk menghasilkan foto berkualitas dan video yang unggul, Mi 11 dibanderol dengan harga Rp9.999.000. Harga ini sangat terjangkau mengingat prosesor yang digunakannya adalah keluaran terbaru dan paling mutakhir dari Qualcomm. Ditambah lagi dengan kualitas layar yang berperforma tinggi.

Editor
Share
×
tekid
back to top