sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Selasa, 05 Mei 2020 10:26 WIB

Tips menjaga kesehatan mata dari perangkat elektronik selama WFH

Kondisi mata yang tegang bisa berakibat serius jika dibiarkan terus menerus dan Anda perlu memberi waktu istirahat kepada mata Anda.

Tips menjaga kesehatan mata dari perangkat elektronik selama WFH
Source: All about vision

Sulit untuk menghindari aktivitas menatap layar pada masa pandemi ini. Dengan segala sesuatunya dialihkan melalui digital, tidak ada waktu bagi mata untuk istirahat dari layar. Jauh sebelum adanya WFH dan SFH, mata kita telah dibiasakan dengan menonton televisi di rumah atau melihat-lihat isi media sosial melalui ponsel di kala senggang.

Eye strain atau ketegangan mata adalah masalah paling umum yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan ini. Untuk diketahui, ketegangan mata dapat terjadi ketika mata terlalu fokus pada sesuatu. Ini seperti ketika otot Anda tegang setelah melakukan workout terlalu lama. Apabila kondisi ini dibiarkan terjadi terus menerus, dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang yang sangat serius.

Gejala ketegangan mata bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang merasa mata gatal, sakit, atau bahkan merasa terbakar. Kondisi mata bisa sangat berair atau bisa juga sangat kering. Selain itu, Anda juga akan mengalami kesulitan fokus, sakit kepala, atau bahkan mulai melihat gambar kabur di depan Anda. Untuk menghindari hal-hal ini terjadi, baik bagi Anda untuk setidaknya mengurangi porsi menatap layar dalam sehari.

Luangkan waktu untuk istirahatkan mata

National Health Service (NHS) Inggris merekomendasikan, agar selalu menyempatkan waktu untuk mengalihkan pandangan sesaat dari layar, jangan lupa untuk berkedip juga. Selain itu NHS menyarankan untuk selalu meregangkan kepala dan leher Anda untuk menghindari ketegangan otot pada posisi yang tidak nyaman.

Istirahat adalah yang paling penting. Jika biasanya di kantor Anda memiliki waktu untuk membeli kopi, di rumah Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk membuat minuman atau makanan pendukung di dapur Anda. Pastikan Anda memiliki alasan apapun agar bisa bangun dari tempat duduk Anda.

Setelah berlama-lama kerja dengan menatap layar, cobalah untuk tidak langsung memainkan ponsel atau menonton televisi di waktu senggang Anda. Karena kebiasaan ini justru menambah waktu intensif mata Anda menatap layar. Jika bermain PS atau menonton Netflix adalah satu-satunya yang dapat menghibur Anda, setidaknya batasi waktu bermain atau menonton. Seperti misalnya 1 episode dalam sekali tonton.

Penting juga bagi Anda untuk mengontrol tingkat cahaya biru atau blue light filter yang ada di layar gadget dan desktop. Cahaya biru dapat mengacaukan produksi melatonin dalam tubuh dan dapat memberikan efek kerusakan jangka pangjang pada retina. Anda dapat mengunduh f.lux untuk PC Windows, MacOS, dan Linux untuk mengontrol cahaya di layar perangkat Anda. Untuk smartphone, tersedia banyak aplikasi serupa yang bisa Anda unduh melalui App Store maupun Google Play Store.

Pada smartphone keluaran terbaru, kebanyakan sudah memiliki mode gelap atau mode apapun yang memberikan tampilan cahaya yang lebih hangat. Bagi pengguna iPhone, Anda dapat menggunakan fitur Night Shift Apple untuk menghasilkan gelombang warna yang lebih hangat.

Share
back to top