sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 10 Mar 2023 11:09 WIB

Tips mencari TWS yang cocok untuk digunakan

Bagi kalian yang sedang mencari TWS terbaik untuk kalian gunakan, kami telah merangkum beberapa hal yang bisa membantu kalian.

Tips mencari TWS yang cocok untuk digunakan

Setelah banyaknya bermunculan headphones dan earphones, sekarang muncul kembali Wireless earbuds atau TWS. Perangkat ini merupakan perangkat audio tanpa kabel yang dapat dengan mudah memberikan keleluasaan bergerak dalam memakainya. 

Saat ini telah banyak bermunculan TWS dari berbagai perusahaan, seperti Bose, Sony, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi. Perusahaan tersebut berusaha menawarkan perangkat terbaik untuk pengguna.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mencari TWS terbaik untuk mereka. Oleh karena itu, bagi kalian yang sedang mencari TWS untuk kalian pakai, kami memiliki tips yang semoga dapat membantu kalian mendapatkan perangkat terbaik.

1. Cek konektivitas Bluetooth

Seperti diketahui TWS terhubung ke smartphone melalui Bluetooth. Namun, Bluetooth memiliki berbagai macam versi, seperti Bluetooth 4.1, bluetooth 4.2, dan Bluetooth 5.0. Bluetooth 5.0 merupakan versi terbaru yang sudah ada pada berbagai smartphone keluaran terbaru. 

Bluetooth 5.0 memiliki kecepatan pairing dua kali lipat dibandingkan versi terdahulu. Selain itu, TWS dengan koneksi Bluetooth 5.0 dapat terkoneksi dengan beberapa perangkat sekaligus. Jadi, Anda tak akan melewatkan panggilan penting saat menggunakan perangkat lainnya.

Koneksi Bluetooth pun hanya dapat terjadi dalam jangkauan jarak tertentu. Jangkauan Bluetooth biasanya hanya dapat dilakukan dalam jarak 10 m saja. Anda perlu memperhatikan jarak jangkauan koneksi dari wireless earphone dengan device Anda.

2. Kenali fitur yang ditawarkan

Dewasa ini, TWS tidak hanya hadir dengan suara yang bagus. Namun, terdapat berbagai macam fitur yang dapat menunjang keseharian kalian, yang juga akan memperpanjang usia dari TWS itu sendiri.

Perama, cari perangkat yang sudah tahan air. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat lebih berhati hati ketika sedang menggunakan TWS pada saat di luar ruangan, karena tidak semua produk memiliki fitur Water Resistant. 

Apabila penggunaanya lebih sering berada di luar ruangan, pengguna harus mempertimbangkan untuk membeli produk dengan fitur ini.

Pertimbangkan juga mencari perangkat yang sudah menyediakan kontrol sentuh. Fitur ini memberikan kemudahan ketika sedang mendengar atau ingin menjawab panggilan tanpa harus membuka perangkat yang terhubung.

Hanya dengan menyentuh bagian tertentu di TWS, kalian dapat mengontrol penuh perangkat yang terhubung saat ada panggilan masuk, mengubah volume, dan lainnya.

Untuk kalian yang suka ketenangan, pastikan TWS kalian hadir dengan fitur Active Noise Cancellation. Fitur ini hanya memberikan suara yang terdengar dari Earbuds saja. 

Fitur ini sangat dibutuhkan saat Anda sedang berada di luar ruangan atau perlu konsentrasi saat bekerja. Beberapa brand ternama telah menghadirkan fitur ini di produk Earbuds keluaran mereka.

Yang terakhir, bagi kalian yang suka bermain gim, pastikan terdapat fitur Low Latency Mode. Fitur ini dapat memberikan kita kenyamanan karena dapat mendengarkan suara tanpa delay dengan gambar. 

Latensi adalah waktu yang dibutuhkan oleh salah satu device dalam sistem untuk menunggu device lainnya. TWS dengan latensi rendah atau low latency memiliki proses sinkronisasi suara tanpa keterlambatan. Jadi, suara dari perangkat akan sama cepatnya dengan gambar yang muncul. 

Low latency pada TWS sangat dibutuhkan saat Anda bermain game ataupun menonton video. TWS dengan latensi rendah membuat tidak ada jeda antara gambar dengan suara yang dihasilkan. Meski hanya terjadi sepersekian detik, hal tersebut dapat mengganggu permainan game Anda.

Low latency pada TWS memiliki nilai latensi di bawah 100 ms. Low latency TWS biasanya diklaim memiliki nilai latensi sebesar 65 ms. Selain itu, pemilihan koneksi Bluetooth 5.0 juga akan memberikan nilai latensi yang lebih rendah. 

Latency sebesar 100 ms masih bisa diterima untuk bermain game dan mendengarkan konser. Jenis codec aptX tercatat bisa memiliki latency sebesar 40 ms.

Share
×
tekid
back to top