sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
Minggu, 21 Nov 2021 19:18 WIB

Ingat! fitur Night Mode bukan untuk memotret hantu

Fitur Night Mode dirancang untuk memotret subjek pada saat kondisi minim cahaya, bukan berarti bisa digunakan dalam keadaan gelap gulita atau memotret hantu.

Ingat! fitur Night Mode bukan untuk memotret hantu

Ragam fitur kamera pada smartphone belakangan ini semakin memanjakan pengguna untuk mendapatkan kualitas foto terbaik di berbagai kondisi. Mulai kamera dengan resolusi besar, kemampuan zoom, makro, hingga Night Mode yang dapat membuat foto malam menjadi lebih terang dan tajam. 

Meski sejatinya dirancang untuk memudahkan pengguna memotret, ada trik khusus yang harus dipahami pengguna agar mendapatkan hasil yang optimal. Dari semua fitur kamera di atas, fitur Night Mode adalah yang paling menantang. Hal ini karena memotret saat malam hari adalah hal yang cukup sulit.

Menariknya, saat ini banyak sekali smartphone yang menawarkan fitur Night Mode pada jajaran smartphonenya. Awalnya fitur ini cukup eksklusif dan hanya bisa ditemukan pada smartphone bertaraf premium. Kini, fitur Night Mode mulai sering ditemukan pada smartphone dengan harga yang lebih terjangkau, OPPO A95 misalnya yang belum lama ini diluncurkan dengan banderol di Rp3,9 jutaan.

Fitur Night Mode sejatinya mengandalkan banyaknya cahaya yang masuk setiap pengguna menekan shutter untuk mengabadikan subjek. Cara bekerjanya juga tidak seperti ketika memotret dalam keadaan cahaya yang berlimpah. Kamera membutuhkan waktu untuk menangkap cahaya lebih banyak untuk menangkap detail-detail di dalam frame.

Pada perangkat OPPO A95, fitur Night Mode memerlukan beberapa detik untuk menangkap setiap detail dan memprosesnya dengan bantuan AI. Proses ini memerlukan waktu berkisar 2-3 detik, karena beberapa area yang gelap juga warna kulit wajah subjek akan ditingkatkan. Hasilnya foto akan terlihat lebih cerah, namun tetap terlihat natural. Pengguna juga bisa mendapatkan efek bokeh pada latar belakang yang membuat hasil foto menjadi lebih dramatis.

Fitur Night Mode dirancang untuk memotret subjek pada saat kondisi minim cahaya. Bukan berarti kalian bisa menggunakan fitur ini dalam keadaan gelap gulita atau mencoba memotret hantu. Hal ini dikarenakan perangkat OPPO sejatinya dirancang untuk membuat subjek tampak apik dalam berbagai situasi.

Bagi kalian yang suka mengabadikan moment-moment seru, ada trik yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil foto malam yang baik. Berikut ini beberapa trik yang harus diperhatikan:

  • Pakai fitur Night Mode tentunya, fitur ini akan membuat hasil tangkapan menjadi lebih terang dan tajam
  • Pastikan wajah subjek tetap mendapatkan cahaya atau tidak membelakangi sumber cahaya yang kuat.
  • Gunakan tripod jika ada, atau hindari goyangan pada tangan karena Night Mode membutuhkan beberapa detik untuk menangkap dan mengolah dengan bantuan AI.

Itu tadi trik memotret dalam kondisi malam hari menggunakan fitur Night Mode yang tersedia pada perangkat OPPO A95. Fitur ini melengkapi deretan fitur kamera keren dari seri A terbaru OPPO yang disiapkan untuk pengguna muda yang suka fotografi dan membutuhkan smartphone andalan untuk dipakai sehari-hari.

Editor
Share
×
tekid
back to top