sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Jumat, 23 Jul 2021 21:14 WIB

Tips memilih smartphone gaming andal tapi terjangkau

Kenyataannya sekarang pasar ponsel tengah giat berlomba untuk menciptakan ponsel gaming dengan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau.

Tips memilih smartphone gaming andal tapi terjangkau

Saat situasi pandemi seperti ini, tidak heran jika kita merasa butuh hiburan atau kegiatan yang menyenangkan untuk menghibur diri atau sekadar mengisi waktu luang. Ini salah satunya dengan bermain gim di ponsel.

Dengan demikian, permintaan akan ponsel gaming terus meningkat. Terlebih permintaan akan ponsel gaming dengan harga terjangkau. Sayangnya, berita yang tersebar saat ini seolah menunjukkan bahwa ponsel gaming memiliki harga tinggi.

Tidak salah memang. Namun, kenyataannya sekarang pasar ponsel tengah giat berlomba untuk menciptakan ponsel gaming dengan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau. Jadi, bagi kamu yang ingin membelikan adik atau keponakan sebuah ponsel gaming yang tidak menguras kantong, simak solusi berikut.

Pertama, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli ponsel gaming. Selain performa, ponsel tersebut wajib memiliki fitur yang mendukung kegiatan harian dan tentu saja harganya terjangkau oleh kantong kamu.

1. Prosesor

Perhatikan prosesor atau SoC pada ponsel yang hendak kamu beli. Contohnya adalah MediaTek G series atau Qualcomm G series. SoC ini memang dibuat khusus untuk para gamer.

2. Kapasitas RAM

Saat ini, kebanyakan gim eSport dapat berjalan di RAM 4GB. Tapi, untuk berjaga-jaga agar tidak kecewa, sebaiknya carilah ponsel yang kapasitas RAM-nya lebih besar.

3. Memori

Selain RAM, penyimpanan juga faktor yang penting. Agar bisa memainkan gim yang kamu suka, pilihlah ponsel dengan penyimpanan minimal 64GB. Kalau bisa, beli ponsel yang penyimpanannya 128GB atau yang mendukung tambahan slot MicroSD.

4. Layar

Agar puas saat bermain gim, perhatikan kualitas layar ponsel yang kamu pilih. Kami menyarankan ponsel yang memiliki layar dengan ukuran sekitar 6 inci dengan panel minimal IPS. Hal ini penting karena layar IPS membuat pengalaman bermain gim semakin asyik.

Fitur lain yang masih ada kaitannya dengan layar adalah refresh rate. Agar gim bisa berjalan dengan mulus, carilah ponsel yang refresh rate-nya minimal 90Hz. Pasalnya, saat ini semakin banyak gim eSport yang mendukung refresh rate tinggi.

5. Baterai

Kita pasti sangat kesal kalau baterai ponsel cepat habis ketika dipakai untuk bermain gim. Oleh karena itu, carilah ponsel yang kapasitas baterainya besar. Kami menyarankan ponsel gaming dengan baterai 5.000mAh.

6. Fitur khusus gaming

Agar bisa konsentrasi saat bermain gim, carilah ponsel yang punya fitur khusus, seperti: dapat memblokir pesan, panggilan masuk, atau notifikasi lainnya yang tidak diinginkan saat bermain gim.

7. Jangan abaikan kamera

Tentu saja, kita tak mungkin bermain gim secara terus-menerus. Kadang-kadang, kita juga melakukan aktivitas lain dan ingin mengabadikannya melalui kamera. Jadi, carilah ponsel gaming yang punya kualitas kamera mumpuni.

8. Desain

Zaman sekarang bukan lagi eranya ponsel gaming diciptakan dengan lekukan bodi kaku yang kurang nyaman digenggam. Saat ini, sudah banyak ponsel gaming yang diproduksi dengan desain stylish dan performa wild abis. Jadi, pastikan kamu push rank dengan gaya biar lebih semangat!

9. Harga

Sesuaikan bujet dengan kebutuhan. Kita belum tentu butuh ponsel gaming yang harganya puluhan juta hanya untuk memainkan gim kesukaan. Bisa jadi, ponsel yang harganya terjangkau pun sudah sangat cukup dan memuaskan, misalnya di rentang harga kurang dari Rp3 jutaan.

Sebagai contoh, Infinix Note 10 Pro NFC yang baru saja dirilis bulan lalu. Ponsel ini laris manis dengan banderol harga mulai Rp 2.749.000 untuk versi RAM 6GB dan ROM 64GB. Jika merasa kurang, ada juga Infinix Note 10 Pro NFC dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB dengan harga Rp2.999.000. Keduanya hadir menggunakan chipset gaming, yakni MediaTek Helio G95.

Selain harga dan internal yang menggiurkan, ponsel ini juga memiliki layar besar 6,95 inci dengan resolusi FHD+. Ditambah lagi, kedua model ini juga sudah mendukung kemampuan Refresh Rate 90 Hz. Baterainya pun sudah berkapasitas 5.000 mAh dan didukung teknologi fast-charging 33W.

Soal kenyamanan dan gangguan saat bermain gim juga tidak perlu khawatir, sebab Infinix Note 10 Pro memiliki fitur Dar-Link Ultimate Game Booster untuk performa lebih kencang dan tampilan lebih dinamis, serta fitur Game Mode yang dapat memblokir notifikasi saat bermain gim.

Perihal kamera, Infinix menyematkan kamera depan dengan resolusi 16 MP. Sementara itu, pada bagian belakang, Infinix Note 10 Pro NFC memiliki empat kamera serta modul Quad-LED Flash yang dirangkai dalam bentuk persegi panjang. Keempat kamera itu terdiri dari; kamera utama beresolusi 64 MP (wide, 1/1.72 inci, 0.8μm), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (monochrome) dan kamera depth 2 MP (f/2.4) dengan teknologi AI di dalamnya.

Jadi, kalau kamu ingin bermain gim eSport dengan nyaman dan tidak menguras kantong, cocok untuk multitasking serta fotografi kekinian, kamu bisa mencoba tips dan rekomendasi ponsel yang telah saya berikan.

Share
×
img
×
tekid
back to top