sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 01 Des 2021 19:55 WIB

Tips memilih kata sandi yang aman dan cara menjaganya

Kamu perlu mengganti kata sandi agar terlindung dari praktik pencurian data. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum tips memilih kata sandi yang aman dan cara menjaganya.

Tips memilih kata sandi yang aman dan cara menjaganya

Di era digital ini, hampir semua manusia hidup dengan berbagai layanan online. Setiap akun yang terhubung pada layanan tersebut tentu mengharuskan pengguna untuk memiliki kata sandi, demi menjaga akun dari praktik kejahatan siber. 

Sayangnya, banyak kalangan masih tetap menggunakan kata sandi yang sama setelah bertahun-tahun. Sebab, untuk mengingat banyak kata sandi berbeda pada beberapa akun bukanlah perkara yang mudah. Namun dengan menggunakan cara tersebut, akun kamu mungkin saja tidak aman atau bisa jadi sudah dalam jangkauan peretas.

Itulah mengapa, penting untuk membuat kata sandi yang bebeda di setiap akun. Selain itu, kamu juga perlu menggantinya setiap enam bulan sekali agar terlindung dari praktik pencurian data. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum tips memilih kata sandi yang aman dan cara menjaganya agar tetap aman.

  • Hindari penggunaan kata umum dalam kata sandi

Kata sandi memang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain dan sulit ditebak. Karenanya, hindari penggunaan kata-kata umum seperti "password", frasa seperti "mypassword" dan urutan karakter yang dapat diprediksi seperti "qwerty" atau "thequickbrownfox". Hindari juga penggunaan nama pengguna, nama panggilan, nama hewan peliharaan, ulang tahun, nama jalan, atau apapun yang berhubungan dengan pengguna yang dapat diketahui seseorang dari media sosial

  • Bagaimana cara membuat kata sandi yang kuat?

Memiliki kata sandi yang panjang akan lebih baik dan mulailah dengan 8 karakter. Electronic Frontier Foundation dan pakar keamanan, Brian Curbs menyarankan penggunaan kata sandi yang terdiri dari tiga atau empat kata acak untuk keamanan tambahan. Meski cukup membosankan, pastikan untuk memperbarui kata sandi secara teratur.

Gunakan pula kombinasi huruf besar dan kecil bersama dengan simbol dan angka. Perlu diingat, jangan membuat kata sandi berdasarkan tanggal lahir atau nama orang tua, dan hindari penggunaan kata sandi yang sama pada setiap akun. Jangan lupa untuk selalu menambahkan nomor telepon dan email pemulihan.

  • Mengapa penting untuk memiliki kata sandi yang kuat?

Semakin banyak kamu melakukan hal-hal penting secara online, semakin besar pula potensi peretas menjangkau akun kamu. Dengan hanya mengetahui email kamu, peretas bisa melihat aktivitas online apa yang sedang kamu buka. Hal ini bisa berbahaya juga jika kamu sering membuka aplikasi m-Banking. Oleh sebab itu, penting untuk membuat kata sandi yang kuat dan anti mainstream yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

  • Bagaimana cara memilih kata sandi yang dapat diingat?

Jika kamu memiliki lebih dari satu kata sandi untuk diingat, gunakan pengelola kata sandi, seperti 1Password atau LastPass yang dapat membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat dan panjang. Kedua aplikasi ini bisa berjalan di seluruh dekstop maupun smartphone. Namun, kamu tetap harus menghafal satu kata sandi utama untuk membuka kunci semua kata sandi yang lain.

Share
×
tekid
back to top