sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Minggu, 28 Agst 2022 10:05 WIB

Jangan biarkan Nintendo Swith panas terlalu lama, ini tips yang harus diketahui

Salah satu penyebab paling umum terjadinya panas berlebih pada Nintendo Switch adalah penumpukan debu.

Jangan biarkan Nintendo Swith panas terlalu lama, ini tips yang harus diketahui

Pernahkan Sahabat Tek mengalami masalah dengan Nintendo Switch kalian? Misalnya, panas berlebih yang dapat membuat konsol tiba-tiba masuk ke sleep mode, lagging, dan hal tidak menyenangkan lainnya.

Nintendo sendiri menyadari fakta bahwa konsol bisa menjadi panas, sebagaimana dikutip dari SlashGear (27/8). Selama pengisian daya dan bermain gim, perangkat mungkin akan terasa hangat, namun ini adalah hal yang umum. Yang menjadi masalah adalah ketika panas berlebih ini memengaruhi penggunaan konsol tersebut. 

Salah satu penyebab paling umum terjadinya panas berlebih pada Switch adalah penumpukan debu. Semakin banyak debu yang menumpuk, semakin tinggi kemungkinan konsol mulai kesulitan mempertahankan suhu yang tepat agar kinerja tetap optimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus membersihkan secara menyeluruh dan memastikan untuk mengulangi perawatan ini setiap tiga hingga enam bulan sekali. Caranya sangat mirip dengan membersihkan PC desktop.

Cara membersihkan Nintendo Switch

Sebelum mulai, pastikan Anda sudah menyiapkan kompresor angin atau yang paling sederhana adalah pipet bulat untuk membersihkan lensa kamera. Kemudian, siapkan juga kain mikrofiber, kapas, dan sikat gigi, lalu ikuti langkah di bawah ini.

  • Matikan Nintendo Switch sepenuhnya, lepaskan dari doknya, dan lepaskan Joy-Cons.
  • Gunakan kain untuk membersihkan permukaan konsol dengan hati-hati. Hindari mendorong debu ke dalam ventilasi.
  • Sedot debu yang ada di bagian dalam dengan kompresor atau alat serupa yang kalian punya, melalui sisi belakang konsol.
  • Pastikan juga untuk membersihkan rel Joy-Con dan setiap bagian yang ada di konsol.
  • Gunakan kapas atau sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit terjangkau.
  • Lakukan perawatan yang sama di stasiun dok.
  • Setelah semua selesai, diamkan semua bagian selama 20 menit agar aman, lalu pasang kembali.

Satu hal yang perlu dicatat dan dihindari, jangan pernah meniupkan udara ke ventilasi di sisi atas (lima lubang kecil) konsol Anda. Sebab, itu adalah jalur udara keluar. Jika Anda meniupkan udara pada ventilasi tersebut, maka debu akan masuk ke dalam dan menghambat jalur udara dalam konsol.

Hal yang harus dilakukan untuk menghindari panas berlebih

Selain membersihkan debu, ada beberapa hal lain yang bisa kalian lakukan untuk memastikan Nintendo Switch bekerja dengan baik. Pencegahan adalah langkah tepat daripada memperbaiki. 

Nintendo menyarankan agar penggunanya tidak menggunakan konsol selama mengalami panas berlebih. Kisaran suhu yang disarankan untuk memainkan konsol adalah 5 hingga 35 derajat Celcius. 

Pastikan juga tidak meletakkan Switch di tempat dengan ventilasi udara yang kurang baik. Konsol harus berada di area dengan banyak ruang untuk aliran udara, terutama jika kalian sering memainkannya. 

Ketika konsol mulai terasa hangat, cobalah untuk berhenti sejenak memainkan Switch. Setelah main selama satu jam, biarkan konsol istirahat sebentar. Ketika suhu sudah kembali normal, kalian bisa melanjutkan bermain.

Share
×
tekid
back to top