sun
moon
Premium Partner :
Kamis, 26 Mar 2020 15:58 WIB

Tips bisnis ala Facebook untuk sambut Ramadan 2020

Bulan Ramadan akan segera hadir dalam waktu dekat. Mengingat kondisi di Indonesia berubah akibat penyebaran virus corona (Covid-19) ada beberapa perubahan yang terjadi terkait perilaku pengguna saat Ramadan.

Tips bisnis ala Facebook untuk sambut Ramadan 2020
Source: Pexels

Bulan Ramadan akan segera hadir dalam waktu dekat. Mengingat kondisi di Indonesia berubah akibat penyebaran virus corona (Covid-19) ada beberapa perubahan yang terjadi terkait perilaku pengguna saat Ramadan. Misalnya peningkatan pembelian produk kebersihan hingga mengurangi makan di luar rumah.

Facebook melakukan riset bekerja sama dengan Kantar untuk menganalisa perilaku pengguna saat Ramadan tiba. Ada 4 di antara temuan yang berhasil dirangkum oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu berdasarkan survei online yang dilakukan pada 951 orang. Berikut beberapa temuan survei tersebut:

● 83% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan mengatakan bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan.

● 93% responden setuju bahwa Ramadan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

● 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan.

● 98% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan menggunakan setidaknya satu aplikasi Facebook.

“Kami yakin bahwa merek dan UKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek mereka, melalui cara yang lebih dekat dan efektif. Tetapi, kami juga menyadari bagaimana virus Corona ini telah membawa dampak bagi merek dan UKM di seluruh dunia, karena itu kami berkomitmen untuk terus membantu komunitas lokal agar tetap bertumbuh di tengah situasi ini,” kata Hilda Kitti, Head of Marketing untuk Indonesia di Facebook dalam conference call (26/3).

Meski di tengah situasi virus corona, Facebook meyakini masih ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh merek dan UKM untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka dalam menyambut Ramadan.

Jadilah bagian dari interaksi selama momen Ramadan

96% dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan aplikasi-aplikasi Facebook selama Ramadan, dengan 85% responden mengatakan WhatsApp sebagai media sosial favorit mereka. Dalam situasi seperti ini, ketika menjaga jarak (social distancing) menjadi sebuah norma baru, pemilik bisnis dan merek perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan.

Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Berdasarkan survei, 58% memilih Whatsapp sebagai saluran komunikasi dengan 50% dari mereka terbuka untuk berkomunikasi melalui Instagram, dan 41%
terbuka untuk dijangkau melalui Facebook.

Dengan demikian, penting bagi bisnis untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan pelanggan mereka. Misalnya, dengan bersikap proaktif dalam memberikan informasi dan mendidik konsumen tentang langkah-langkah yang diambil untuk memastikan bahwa jasa dan produk tersebut aman, serta pendekatan Anda dalam menangani permintaan pelanggan dalam situasi seperti ini.

Kuasai teknik story telling di perangkat mobile

Untuk menjadi bagian yang penting dalam percakapan dengan pelanggan, perhatikan bagaimana mereka yang menjalani Ramadan, menggunakan perangkat mobile untuk terhubung, mencari hiburan, mencari sesuatu dan berbagi.

Inti dari story telling adalah berfokus pada tema. Survei ini menunjukkan 71% responden memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa. 52% mengatakan mereka menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dalam hal konsumsi, 53% setuju bahwa ini merupakan momen untuk membeli busana baru, sekaligus membeli hadiah untuk teman atau keluarga (46%). Selain itu, 67% responden juga mengatakan bahwa pada momen ini, mereka memberikan donasi atau sumbangan. Hal ini memberikan peluang bagi bisnis untuk menciptakan ide-ide terbaik, produk yang paling bermanfaat, atau tips penting selama momen ini.

Selain itu, Anda juga perlu mengukur apa hal yang penting untuk bisnis Anda dalam situasi seperti saat ini. Fokus pada satu hal yang objektif untuk bisnis misalnya dengan membangun brand. Anda bisa melakukan hal ini melalui berbagai platform di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. 

Share
back to top