sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Senin, 11 Okt 2021 14:07 WIB

Foto estetik, rahasia sukses jalani bisnis online

Untuk menghasilkan foto estetik, Anda bisa mengandalkan smartphone dan mengoptimalkan peralatan yang ada.

Foto estetik, rahasia sukses jalani bisnis online

Menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berjualan bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang, karena saat ini hampir semua orang pasti memiliki smartphone dan media sosial. Namun juga bisa dibilang sulit, karena kita perlu menggunakan strategi yang tepat untuk membuat konsumen tertarik dengan produk yang kita jual.

Salah satu yang perlu Anda pelajari ketika memulai usaha online adalah memotret produk. Bagaimana caranya agar produk yang Anda jual terlihat menarik dan bisa mendatangkan pembeli? Mungkin Anda berpikir bahwa menghasilkan foto produk yang menarik memerlukan kamera yang canggih dan mahal. Beserta beberapa alat penunjangnya. Anggapan itu keliru, lho. Anda bisa menghasilkan foto produk yang aestetik hanya dengan menggunakan smartphone yang Anda miliki dan peralatan yang ada.

Hal inilah yang dilakukan oleh Meyani Kristina Ningrum, perempuan kelahiran Tegal, Jawa Tengah, yang kini menetap di Batam ini, merupakan pengajar workshop offline dan online Basic Food & Product Photography bagi pelaku UMKM, instansi dan komunitas. Ia mengerti benar bagaimana cara membuat foto yang cantik untuk diposting di media sosial.

Perempuan yang memiliki hobi fotografi dan tergabung dengan komunitas fotografi smartphone ini juga seorang OFans. Ia mengandalkan OPPO A16 untuk memotret produk yang akan diposting ke media sosial. Alasannya, hasil foto dan detail jepretan OPPO A16 cukup baik, selain itu banderol harganya juga cukup terjangkau. Jadi cocok untuk pelaku UMKM yang baru mulai menjalankan bisnis online.

Ia juga membagikan kiat-kiat untuk menghasilkan foto yang cantik meski hanya menggunakan smartphone. Untuk permulaan, buat konsep minimalis dengan memanfaatkan peralatan yang ada. Kemudian jangan ragu untuk terus mencoba dan belajar. Amati Tiru Modifikasi adalah saran darinya untuk pelaku UMKM baru.

Meyani juga memiliki tip bagaimana membuat foto produk untuk diposting di media sosial.

Pertama, siapkan alas foto sebagai background. Gunakan alas yang polos untuk konsep minimalis. Kemudian untuk pencahayaan, Meyani mengandalkan cahaya natural, dengan mendekatkan objek foto ke dekat pintu atau jendela. Untuk sentuhan akhir, ia menggunakan aplikasi editing LR mobile atau Canva.

Dengan menggunakan smartphone dan menerapkan konsep minimalis, Meyani dapat menyulap produk menjadi foto yang aestetik. Terkadang ia juga menggunakan lampu tambahan untuk membuat foto tematik, khususnya saat memotret di malam hari.

Berikut beberapa hasil jepretan yang diambil Meyani menggunakan OPPO A16.

Bagaimana, cantik dan menarik bukan? Foto-foto diatas diambilnya menggunakan OPPO A16. Bagi kalian yang belum tahu berapa harga OPPO A16, seri ini dibanderol cukup terjangkau. OPPO A16 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB dibanderol Rp1,9 jutaan. Sementara untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB, dibanderol pada harga 2,4 jutaan yang bisa didapatkan di beberapa ecommerce dan OPPO Official Store.

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top