Tim Cook ingin anak-anak belajar koding sedari dini

CEO Apple, Tim Cook mengatakan anak-anak yang belajar koding dari usia dini akan memiliki kemampuan yang lebih baik dari mahasiswa yang hanya belajar koding selama 4 tahun.

Tim Cook ingin anak-anak belajar koding sedari dini Tim Cook (Ubergizmo)

Tak dapat dipungkiri, saat ini kita berada di zaman yang dikelilingi oleh teknologi. Banyak pengamat teknologi mengatakan, hal ini akan membuat perubahan bagaimana anak-anak untuk memandang dunia.

Menurut CEO Apple, Tim Cook, pembelajaran mengenai teknologi pun harus dimulai dari dini. Dalam sebuah wawancara terbaru, Cook mengatakan bahwa seharusnya anak-anak sudah mulai diajari koding untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Permintaan terhadap iPhone 11 series lebih baik dari prediksi

iPhone 11 ternyata hanya pakai RAM 4GB

A13 Bionic di iPhone 11 kalahkan kecepatan Snapdragon 855+


Dia mengatakan, saat ini mahasiswa lulusan IT semakin banyak. Meskipun mereka memiliki kepintaran yang tinggi, namun belajar empat tahun untuk menjadi mahir dalam membuat koding akan kalah dengan mereka yang sudah belajar sedari dini.

Komentarnya ini dilontarkan setelah dia bertemu dengan Liam Rosenfeld yang berusia 16 tahun. Liam merupakan salah satu pemenang beasiswa untuk acara WWDC Apple bulan depan. 

Cook menggunakan Liam sebagai contoh bagaimana belajar coding dan mengasah kemampuan memecahkan masalah dari usia muda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mendapatkan gelar empat tahun untuk menjadi mahir dalam keterampilan IT.

“Saya tidak berpikir gelar empat tahun diperlukan untuk menjadi mahir dalam pengkodean. Saya pikir itu sebuah pandangan tradisional. Apa yang kami temukan adalah bahwa jika kami bisa mendapatkan kode di kelas awal dan memiliki perkembangan kesulitan selama masa sekolah seseorang, pada saat Anda lulus anak-anak seperti Liam, sebagai contoh, mereka sudah menulis aplikasi yang bisa dipajang di App Store," kata Cook seperti dikutip dari laman Ubergizmo (13/5/2019).

Meski demikian, hal Ini tidak berarti bahwa Cook berpikir sebuah gelar tidak diperlukan. Tetapi dia menegaskan bahwa mungkin memulai lebih awal di usia yang lebih muda dapat membuat proses pembelajaran lebih efisien. 

Apple telah berusaha melakukan bagian mereka dalam mendorong anak-anak untuk belajar menulis kode. Beberapa contohnya seperti meluncurkan Swift Playgrounds yang mengajarkan anak-anak dasar-dasar pengkodean.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: