Tik Tok diblokir di India

 Kini aplikasi Tik Tok tak lagi bertengger di Play Store maupun Apple Store India. Pengadilan melarang pengguna mengunduhnya.

Tik Tok diblokir di India

Aplikasi Tik Tok diblokir di India. Kini aplikasi asal China tersebut tak lagi bertengger di Play Store maupun Apple Store India. Pemblokiran Tik Tok ini dilakukan setelah pengadilan setempat melarang mengunduhnya.

Tik Tok memungkinkan pengguna membuat dan membagikan video pendek dengan efek khusus. Di India, Tik Tok menjadi aplikasi yang sangat populer. Namun beberapa politisi menilai konten di Tik Tok memuat hal yang tak pantas.


BACA JUGA

Purwarupa desain baru Instagram, bakal sembunyikan jumlah like

Fitur atur balasan tweet di Twitter dibagikan Juni 2019

Inilah aplikasi dan situs untuk mengenal para kandidat Pemilu 2019


Pengadilan di negara India Tamil Nadu selatan meminta pemerintah memblokir Tik Tok pada 3 April lalu. Mereka menilai Tik Tok mendorong pornografi dan menjadi peringatan bahwa hal tersebut bisa menargetkan pengguna kalangan anak-anak.

Dilansir Reuters, pemerintah federal mengirimkan surat kepada Apple dan Google untuk meminta kedua perusahaan mematuhi aturan pengadilan. Google kemudian memblokir akses ke Tik Tok di Play Store India guna mematuhi permintaan pemerintah. Tak berselang lama, Tik Tok juga tak lagi tersedia di App Store.

Dalam sebuah penyataannya, Google berkata keputusannya itu bukan berkaitan dengan aplikasinya sendiri. Raksasa teknologi itu menyatakan pihaknya mematuhi aturan negara terkait. Apple sendiri tak memberikan komentarnya atas pemblokiran Tik Tok di App Store.

Sementara itu juru bicara Tik Tok di India juga menolak menanggapi pemblokiran aplikasinya. Dia hanya mengatakan urusan itu masih di pengadilan. Perusahaan juga yakin pada sistem peradilan serta optimis atas hasil yang akan diterima dengan baik di India.

Untuk diketahui, Tik Tok telah diunduh lebih dari 240 juta kali di India. Lebih dari 30 juta penggunanya menginstal aplikasi pada Januari 2019, 12 kali lebih banyak dari bulan yang sama di tahun lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: