sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Kamis, 24 Jun 2021 13:26 WIB

Tide dan NASA kembangkan deterjen khusus pakaian astronot

Tide memaparkan jika mereka telah mengembangkan deterjen cucian khusus yang dapat terurai saat digunakan di luar angkasa.

Tide dan NASA kembangkan deterjen khusus pakaian astronot

National Aeronautics and Space Administration (NASA) sedang bekerja sama dengan Tide (produk deterjen pakaian) untuk membuat deterjen yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian khusus para astronot yang kotor. Dan mulai tahun depan, para astronot akan mengujinya di International Space Station (ISS). Dilansir dari Syfy (23/6), ini akan menjadi kerja sama yang dapat menghadirkan penemuan-penemuan baru di masa mendatang. 

Para astronot juga sebenarnya tidak bisa lepas dari kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan domestik saat bertugas di luar angkasa, termasuk mencuci pakaiannya seperti di Bumi. NASA dan perusahaan induk dari Tide, P&G telah membuat perjanjian untuk melakukan penelitian guna menemukan cara membersihkan pakaian astronot secara efisien di sumber daya lingkungan yang terbatas. 

Para astronot di ISS saat ini harus menggunakan kembali pakaian mereka sampai berulang kali, sebelum nanti mereka akan mengganti pakaian itu dengan yang baru. Sementara itu, secara historis dalam setiap misi luar angkasa, NASA tidak pernah meletakkan mesin cuci di pesawat luar angkasanya. Ini karena ruangan di pesawat luar angkasa tidak terlalu besar jadi lebih dikelola untuk meletakkan perangkat yang lebih vital.

Meskipun demikian, menjaga pakaian astronot agar dapat digunakan terus menerus dan bersih adalah tantangan yang harus diselesaikan. Perusahaan induk Tide memaparkan jika mereka telah mengembangkan deterjen cucian khusus yang dapat terurai saat digunakan di luar angkasa. Deterjen ini mampu untuk mengatasi masalah bau tak sedap, menjaga kebersihan, dan menghilangkan noda. Deterjen khusus dari Tide dikembangkan untuk bekerja dalam sistem tertutup, seperti di pesawat luar angkasa, di mana setiap tetes air harus disimpan dan digunakan kembali.

Pengujian deterjen khusus Tide akan dilakukan bersamaan dengan diluncurkannya pesawat kargo yang mengirimkan peralatan dan kebutuhan untuk astronot di ISS tahun depan. Tim akan menguji stabilitas bahan pembersih dari deterjen pada kondisi gaya gravitasi yang rendah dan paparan berbagai tingkat radiasi yang akan dialami di luar angkasa. Selain itu, bahan dan kinerja penghilang noda dari deterjen khusus Tide akan diuji di atas ISS melalui eksperimen dengan nama Tide To Go Wipes dan Tide To Go Pens.

Tag
Share
×
tekid
back to top