sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 26 Feb 2021 11:15 WIB

Thunderbolt genap berusia 10 tahun

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 sebagai konektor multi guna, kini Thunderbolt sudah menjadi standar di sebuah laptop modern.

Thunderbolt genap berusia 10 tahun

Pada tahun 2011, Intel secara resmi memperkenalkan satu port input/output (I/O) milik mereka, yakni Thunderbolt. Ini merupakan salah satu konektor pelengkap yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan banyak hal.

Pada kala itu, pengguna disodorkan beberapa pilihan konektor di komputer dan laptop mereka. Ada port USB untuk data, port Ethernet untuk internet, serta DisplayPort, HDMI, serta VGA untuk video.

Keunggulan yang ditawarkan Intel dari Thunderbolt adalah kepraktisan, dimana dengan menggunakan satu konektor saja, yakni Thunderbolt, pengguna dapat melakukan banyak hal sekaligus.

Ya, hal ini dikarenakan Thunderbolt memiliki kemampuan untuk mengirimkan data dan sinyal video dalam satu kabel saja. Pada saat itu, Thunderbolt memiliki kecepatan transfer data yang sangat mencengangkan.

Mereka mengklaim bahwa pengguna dapat mentransfer film definisi tinggi berdurasi penuh dalam waktu kurang dari 30 detik dan mencadangkan pemutaran musik MP3 terus-menerus selama setahun penuh hanya dalam 10 menit.

10 tahun kemudian, Intel memperkenalkan teknologi Thunderbolt 4. Dan pada saat ini, port tersebut sudah dapat mendukung hingga dua layar 4K, sambil mengisi daya notebook pada saat yang bersamaan.

Mereka pun mengubah bentuk konektor mereka dari port Thunderbolt original ke USB Type-C. Hal ini dilakukan selain untuk memudahkan pengguna, namun juga bisa membuat sebuah laptop untuk tetap sangat tipis.

Thunderbolt kini telah berkembang menjadi standar industri, terintegrasi ke dalam CPU Intel, dan protokolnya berkontribusi sebagai standar USB 4. Bahkan, port ini menjadi sebuah port penting pada laptop Intel Evo dan vPro.

“Kesederhanaan, keandalan, dan kinerja Thunderbolt penting baik saat Anda bekerja atau belajar di rumah, atau Anda membuat konten atau Anda seorang pemain game. Anda dapat melakukan semua itu dengan satu koneksi Thunderbolt,” kata manajer umum, Divisi Konektivitas Klien di Intel, Jason Ziller dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (26/2).

“Intel berharap untuk terus bekerja dengan industri dalam inovasi dan adopsi Thunderbolt. Kami berharap Thunderbolt akan mengimbangi monitor saat kami melihat ke 8K dan 16K, SSD eksternal yang kecepatannya hampir dua kali lipat setiap tahun, dan banyak lagi,” ungkap Ziller.

Share
×
tekid
back to top