sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Kamis, 07 Jan 2021 11:59 WIB

Ternyata Microsoft pernah berambisi untuk akuisisi Nintendo

Namun, upaya akuisisi Microsoft terhadap Nintendo dibalas dengan tawa perwakilan Nintendo di hadapan petinggi Microsoft.

Ternyata Microsoft pernah berambisi untuk akuisisi Nintendo

Microsoft tampaknya beberapa bulan ke belakang sedang asyik mengambil alih banyak perusahaan gim. Beberapa contoh perusahaan gim yang mereka akuisisi adalah pengembang indie seperti Double Fine dan Obsidian, hingga penerbit besar seperti Bethesda.

Ternyata, ini bukan kali pertama Microsoft berniat melakukan akuisisi atau paling tidak bekerja sama secara eksklusif. Pada 2000 silam, ternyata Intel juga sudah mulai melakukan pendekatan ke beberapa perusahaan besar, termasuk Nintendo.

Namun, kesepakatan antara kedua perusahaan itu disebut tidak berjalan baik. Faktanya, menurut anggota tim Xbox Kevin Bachus, perwakilan Nintendo tertawa saat penawaran berlangsung, seperti lapor Wccftech (7/1).

“Steve (Ballmer) mengajak kami menemui Nintendo untuk melihat apakah mereka mempertimbangkan untuk diakuisisi. Mereka hanya tertawa lepas. Seperti, bayangkan satu jam seseorang hanya menertawakan Anda. Begitulah pertemuan itu,” kata Kevin.

Terlepas dari reaksi awal itu, Microsoft masih mencoba melontarkan ide kemitraan dengan Nintendo, tetapi pada akhirnya, tidak ada hasil. “Kami sebenarnya sudah mengundang Nintendo hadir di gedung kami pada Januari 2000 untuk mengerjakan detail kerja sama di mana kami memberi mereka semua spesifikasi teknis Xbox,” ujarnya.

Kelemahan mereka ada di hardware jika dibandingkan dengan Sony PlayStation. Jadi, idenya adalah Microsoft akan membuat hardware untuk Nintendo, sementara Nintendo fokus membuat gim saja.

“Dengar, kamu jauh lebih baik dalam bagian gim dengan Mario dan lainnya. Mengapa Anda tidak membiarkan kami mengurus perangkat kerasnya?,” kata tim Microsoft ke Nintendo. Tapi itu tidak berhasil.

Nintendo bukan satu-satunya perusahaan yang coba dibeli Microsoft. Mereka juga sedang bernegosiasi dengan EA, Midway, dan Square Enix. Namun, pada akhirnya Microsoft hanya berhasil mengakuisisi Bethesda saja.

Share
×
tekid
back to top