sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Rabu, 26 Okt 2022 16:29 WIB

Ternyata ini 3 karakteristik utama pengguna Twitter

Country Industry Head of Twitter Indonesia Dwi Ardiansah menyebutkan tiga karakteristik utama pengguna Twitter, yaitu Open, Curious, dan Influential.

Ternyata ini 3 karakteristik utama pengguna Twitter
Source: Tek.id

Terlepas dari pertarungan hukum dengan Elon Musk, Twitter masih menjadi jejaring sosial yang bisa dibilang memiliki ekosistem pengguna berbeda dari jejaring sosial lainnya. 

Dalam diskusi #ShopWithTwitter, Country Industry Head of Twitter Indonesia Dwi Ardiansah mendefinisikan Twiter sebagai tempat percakapan publik tentang sesuatu yang sedang terjadi dan sedang dibicarakan saat ini.

Pengguna atau audiens yang ada saat ini di Twitter mencerminkan platform berbeda dari media sosial lain. Dwi menyebutkan tiga karakteristik utama pengguna Twitter, yaitu Open, Curious, dan Influential.

"Mereka open-minded, mereka curious ingin tahu sesuatu, dan juga mereka sangat powerful untuk memengaruhi orang lain," kata Dwi, Rabu (26/10). 

1. Open

Berdasarkan survei yang dilaporkan Twitter, sebanyak 67% orang di Indonesia menggunakan Twitter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia ini. Bedanya dengan platform lain, pengguna Twitter datang dengan discovery mindset, sehingga mereka terbuka untuk menemukan apapun, yang bahkan tidak mereka duga, di Twitter.

2. Curious

Karakteristik kedua adalah curious atau penasaran. Pengguna Twitter memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, 47% di antaranya mengatakan ingin menjadi yang pertama dalam mencoba hal baru atau disebut early adopter.

3. Influential

Pengguna Twitter dapat dengan mudah memengaruhi orang lain (59%). Selain terbuka dan ingin tahu, pengguna Twitter juga memiliki kekuatan dalam merekomendasikan pengalaman mereka kepada orang dengan cara berbagi wawasan tertentu, tidak hanya melalui Twitter tapi juga secara langsung.

"Misalnya, mereka baru beli produk, mereka akan share ke orang lain, entah itu online di Twitter atau offline," tambah Dwi. "Biasanya aku akan menanyakan kepada orang-orang di saat ingin beli handphone baru kepada orang-orang yang influential ini. Dan orang-orang itu pada umumnya menggunakan Twitter di Indonesia."

Dwi juga menambahkan, pengguna Twitter saat ini didominasi oleh Generasi Z dengan rata-rata usia 16-24 tahun sebanyak 43%. Sementara itu, pengguna berusia 25-34% mewakili 30% pengguna Twitter di Indonesia. 

Tag
Share
×
tekid
back to top