sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Kamis, 27 Feb 2020 10:23 WIB

Terdampak Corona, saham Microsoft turun satu persen

Penjualan Microsoft di kuarter ini lebih rendah dari yang telah diprediksi karena adanya gangguan pada pabrik di Tiongkok terkait virus corona.

Terdampak Corona, saham Microsoft turun satu persen
Source: ITPro

Microsoft pada Rabu lalu mengklaim penjualannya di kuarter ini lebih rendah dari yang telah diprediksi karena adanya gangguan pada pabrik di Tiongkok terkait virus corona.

Meskipun komputasi cloud-nya tidak terpengaruh, bisnis komputasi pribadinya seperti instalasi Windows dan laptop atau tablet Surface mencatat penjualan lebih rendah daripada yang diharapkan investor sebulan lalu.

Dilansir dari The New York Times (26/02), Microsoft menyatakan, "Meskipun kami melihat permintaan Windows yang kuat sesuai ekspektasi, produksi rantai pasokan kembali normal namun pada kecepatan yang lebih lambat daripada yang diantisipasi."

Sebelumnya diketahui, Apple telah memangkas penjualannya dan menutup seluruh toko yang ada di Tiongkok.

Direktur Pelaksana Wedbush Securities Dan Ives mengatakan, "Peringatan krisis finansial yang dialami Apple dan Microsoft yang merupakan dua perusahaan paling bernilai di mata dunia sangat memengaruhi kerentanan rantai pasokan teknologi di Tiongkok". Sejumlah perusahaan tekno Amerika Serikat yang mengandalkan pabrik-pabrik besar di Tiongkok pun mulai beralih ke negara lain seperti Vietnam.

“Ketika pelopor sekelas Microsoft bicara tentang rantai pasokan dan bagaimana hal itu akan berdampak negatif pada permintaan PC, akan memicu kekhawatiran di luar sana pada rantai pasokan yang lebih luas.” tambah Ives.

Sekitar satu persen saham di Microsoft turun dalam pasar dagang pada Rabu malam (26/02).

Penjualan perangkat keras (Windows) menyumbang sekitar sepertiga dari pendapatan Microsoft. Pada bulan Januari, perusahaan itu mengatakan pihaknya memperkirakan akan mengantongi sekitar $10,75 miliar hingga $11,15 miliar dalam penjualan untuk segmen tersebut, rentang yang lebih luas yang mencerminkan ketidakpastian pada saat itu. Untuk penjualan baru, Microsoft belum memperkiran.

Lain dengan Apple, Microsoft tidak banyak menjual produknya di Tiongkok. Pasar di Tiongkok hanya menyumbang kurang dari 2% dari pendapatan Microsoft. Perangkat lunak Windows dan Office pun kerap dibajak di Tiongkok.

Share
×
tekid
back to top