sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Jumat, 17 Nov 2023 14:55 WIB

Membiasakan diri dengan larangan AS, Tencent cari alternatif chip AI

Tencent beradaptasi dengan larangan ekspor AS, menjajaki alternatif domestik untuk chip kecerdasan buatan (AI).

Membiasakan diri dengan larangan AS, Tencent cari alternatif chip AI

Menanggapi perluasan pembatasan AS terhadap penjualan chip kelas atas ke Tiongkok baru-baru ini, Tencent Holdings secara strategis mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh larangan ekspor semikonduktor untuk melindungi layanan cloud-nya. Perusahaan tersebut, mengakui adanya persediaan chip AI yang besar dari pabrikan AS Nvidia, secara proaktif berencana untuk mengoptimalkan penggunaannya di tengah lanskap peraturan yang terus berkembang.

Presiden Tencent, Martin Lau, menekankan dampak larangan AS terhadap ekspor chip AI tambahan ke Tiongkok, dan mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut berkomitmen untuk secara efisien memanfaatkan stok chip Nvidia yang ada untuk pengembangan berkelanjutan model AI “Hunyuan”. Meskipun ada larangan, Tencent menjamin kelangsungannya setidaknya untuk beberapa generasi lagi, meminimalkan dampak jangka pendek terhadap kemampuan AI-nya.

Namun, pembatasan ekspor diperkirakan akan berdampak pada layanan cloud Tencent, khususnya dalam penjualan kembali chip AI kepada klien. Tencent saat ini mengandalkan Nvidia, yang mendominasi sekitar 90% pasar chip AI Tiongkok. Dilansir dari Gizmochina (17/11), perusahaan tersebut sedang menjajaki alternatif, termasuk chip yang diproduksi di dalam negeri, untuk memitigasi risiko yang ditimbulkan oleh pembatasan AS.

Saingan Tencent, Baidu, dilaporkan telah mengambil langkah untuk mendapatkan alternatif dengan memesan 1,600 chip Huawei Ascend 910B. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh larangan chip AI H800 yang dikembangkan oleh Nvidia khusus untuk Tiongkok, Tencent berencana untuk mencadangkannya untuk fase pelatihan penting dalam pengembangan model AI. Perusahaan ini secara aktif mencari cara untuk memindahkan kemampuan inferensi ke chip berperforma rendah, mempertahankan chip AI berperforma tinggi untuk tujuan pelatihan.

Menyadari perlunya mengurangi ketergantungan pada chip buatan AS, Tencent berupaya meningkatkan penggunaan chip produksi dalam negeri. Perusahaan ini tidak sendirian dalam upaya tersebut, karena perusahaan Tiongkok, termasuk Baidu, sedang mencari alternatif dan beralih ke pembuat chip dalam negeri seperti Huawei.

Menanggapi perubahan lanskap, Nvidia diperkirakan akan mengumumkan chip AI baru untuk tujuan Tiongkok yang dirancang untuk mematuhi aturan ekspor dengan menampilkan pengurangan daya komputasi sambil tetap mempertahankan fitur-fitur AI yang penting.

Langkah Tencent untuk mengeksplorasi sumber-sumber dalam negeri untuk chip pelatihan sejalan dengan upaya Tiongkok yang lebih luas untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam industri semikonduktornya, untuk melawan dampak larangan chip kelas atas di AS. Inisiatif seperti dana $41 miliar yang diluncurkan pada bulan September dan dukungan untuk pembuat chip dalam negeri, seperti YMTC, menunjukkan komitmen Tiongkok untuk mencapai swasembada di sektor semikonduktor meskipun ada tantangan dari luar.

Share
×
tekid
back to top